Danpomdam IV Diponegoro – REI Jateng, Bedah Rumah Veteran Rampung Jelang Hari Pahlawan

BEDAH RUMAH: Danpomdam IV Diponegoro Kolonel CPM Salidin, didampingi Dandenpom IV/5 Semarang Mayor CPM F Okto Femula, dan Wakil Ketua DPD REI Jateng Anthony AH. Prasetyo didampingi Ketua Tim Bedah Rumah DPD REI Jateng Crysanthus, meninjau proses rehab rumah pejuang kemerdekaan cikal bakal TNI, Purnawirawan Kapten CPM Sanjoto, Selasa, (3/11/2020).

JATENGONLINE, SEMARANG – Danpomdam IV Diponegoro Kolonel CPM Salidin meninjau rumah pejuang veteran yang di rehab total dalam program bedah rumah, didampingi Dandenpom IV/5 Semarang, Mayor CPM F Okto Femula dan Ketua Tim Bedah Rumah DPD REI Jateng Crysanthus, Wakil Ketua DPD REI Jateng Bidang Organisasi Anthony AH Prasetyo.

Rumah yang beralamat di Jalan Blimbing Raya No 34 RT 01/RW IV Kelurahan Peterongan, Semarang Selatan ini ditinggali pejuang veteran Sanjoto (90) bersama keluarga sejak tahun 1970. Karena kondisinya yang tidak layak huni maka dilakukan renovasi.

“Saya berterimakasih kepada Pak Gubernur Jateng dan khususnya REI Jateng, yang telah peduli untuk melakukan perbaikan atau bedah rumah Pak Sanyoto, pensiunan Corp Polisi Militer, yang saat ini sudah berusia 90 tahun lebih,” ungkap Kolonel CPM Salidin.

Mengingat, lanjutnya, beliau pak Sanyoto ini saat aktif dulu dan saat negara terdapat musibah peristiwa G 30 S PKI, Pak Sanyoto ikut berkontribusi saat pencarian dan penangkapan tokoh PKI DN. Aidit di daerah Jateng.

“Artinya, pantaslah beliau dihargai jasanya dengan melakukn bedah rumah beliau supaya bisa tinggal di rumahnya yang layak huni,” imbuhnya. Bentuk kepedulian Gubernur Jateng dan REI Jateng ini, bisa dirasakan manfaatnya oleh mereka yang benar-benar pantas dibantu sesuai jasa-jasanya kepada negara dan bangsa ini.

“Program ini sangat perlu untuk dilanjutkan karena sangat menyentuh kebutuhan dasar khususnya rumah, bagi orang yang pernah berjasa kepada bangsa dan negara ini. Saya selaku pembina Corp Polisi Militer di Jateng dan DIY sangat berterimakansih kepada Gubernur Jateng dan REI Jateng. Semoga REI Jateng tetap semangat dan jaya,” harap Danpomdam IV Diponegoro,

Sementara, Dandenpom IV/5 Semarang Mayor CPM F Okto Femula memastikan bedah rumah yang ditempati oleh salah satu pejuang kemerdekaan di Semarang, Sanjoto segera rampung. Setelah selesai direnovasi, rumah tersebut sudah siap untuk ditempati lagi, dengan perabotan dan isi rumah yang baru.

“Target penyelesaian bedah rumah ini rampung yakni sebelum tanggal 10 November 2020, bertepatan dengan Hari Pahlawan,” katanya.

Ditambahkan, sebelumnya rumah ini memang dalam kondisi rusak karena bangunan lama. Ia bersama tim datang mendampingi Gubernur Ganjar Pranowo menerima tugas untuk mengupayakan bedah rumah veteran.

“Menggandeng REI Jateng dibantu REI Solo Raya dan Semarang. Melalui CSR yang ada akhirnya terwujudlah rehab rumah Veteran Kemerdekaan RI ini,” pungkasnya.

Sedangkan Wakil Ketua Bidang Organisasi DPD REI Jateng Anthony AH Prasetyo menyampaikan pada kesempatan tersebut, bahwa bedah rumah ini sebagai bentuk kepedulian REI Jateng kepada veteran TNI yang telah berjasa bagi bangsa dan negara.

“Program bedah rumah dilaksanakan dimasa transisi kepengurusan REI Jateng, seluruh biaya renovasi alokasi dana CSR, dimotori oleh komisariat REI Solo Raya dan REI Semarang, sebagai wujud kepedulian kami kepada masyarakat dan lingkungan, semoga bisa terus berkelanjutan,” ujar Anthony.

Penanggung Jawab Bedah Rumah Chrysanthus Wawan Edy mengatakan, yang sudah dikerjakan dan rampung adalah pembuatan fondasi, peninggian bagunan tembok, pembuatan rangka atap dan pemasangan genting serta plaster permukaan tembok.

“Selanjutnya akan dilakukan peninggian lantai dan pemasangan keramik serta pembuatan kamar mandi berikut jamban. Semuanya akan rampung sebelum 10 November 2020,” pungkasnya. (ian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *