Toleransi Beragama Habib Hasan Mulachela, Bikin ‘Mak Cles’ Adem Umat Nasrani Jelang Natal

JATENGONLINE, SOLO – Toleransi juga dapat berarti suatu sikap saling menghormati dan menghargai antarkelompok atau antarindividu baik itu dalam masyarakat maupun dalam lingkup yang lain. Melalui sikap toleransi dapat menghindari terjadinya diskriminasi, walaupun banyak terdapat kelompok atau golongan yang berbeda dalam suatu kelompok masyarakat.

Sikap toleransi yang membuat ‘adem’ yakni menghargai pendapat mengenai pemikiran orang lain yang berbeda dengan kita, serta saling tolong-menolong antar sesama manusia tanpa memandang suku, ras, agama, dan antar golongan.

Istilah toleransi mencakup banyak bidang. Salah satunya adalah toleransi beragama, yang merupakan sikap saling menghormati dan menghargai antar penganut agama lain. Sebagaimana yang dicontohkan Habib Hasan Mulachela, tokoh masyarakat di Kota Solo.

Yak, Habib Hasan Mulachela kembali membagikan paket bantuan kemanusiaan bagi masyarakat, terutama umat Nasrani yang membutuhkan, sengaja membagikan bantuan itu menjelang perayaan Hari Natal.

Sosok ‘Nyentrik’ dan kontroversial yang dermawan ini, membagikan bantuan yang berasal dari kantong pribadinya, kepada warga pemeluk agama non muslim di Kampung Debekan RT 01 RW 03 Kelurahan Mojosongo, Kecamatan Jebres, Solo.

Selain berbagi sembako dan uang tunai di saat menjelang Hari Natal, Habib HM, demikian akrab disapa, juga memberikan bantuan yang bertujuan untuk untuk meringankan masyarakat yang kesulitan memenuhi kebutuhan hidupnya di tengah pandemi Covid-19.

“Saat merayakan Hari Raya Idul Fitri, saya selalu mendapat hadiah juga dari teman dan sahabat saya yang beragama lain. Apa salahnya kalau saya berbagi saat Natal,” ucapnya di sela-sela menyerahkan bantuan. Kamis (24/12/2020)

Masyarakat harus terus mengembangkan sikap toleransi dan saling tolong menolong, imbuh Habib Hasan Mulachela. Terlebih kondisi seprti saat ini, banyak masyarakat yang mengalami kesulitan ekonomi selama pandemi.

“Untuk menyambung hidup mereka, saya beri beras dan uang tunai,” kata Habib HM.

Sementara itu, warga masyarakat menyambut gembira atas kepedulian yang di lakukan oleh Habib Hasan HM. menyatakan rasa terima kasih atas kepeduliannya meskipun berbeda agama.

“Semoga toleransi beragama yang dilakukan Habib HM ini, berharap bisa memberikan kedamaian dan kesejahteraan bagi warga Kota Solo,” jelas Gatot Ariyono selaku Ketua RT 1 RW 03 Debegan, Mojosongo. (ian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *