Sengkarut SKB 3 Menteri, Omah Ijo Gelar Webinar

JATENGONLINE, SOLO – Pemerintah mengeluarkan aturan terkait pemerintah daerah dan sekolah negeri soal seragam beratribut agama. Aturan yang tercantum dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 Menteri itu menyatakan, pemda maupun sekolah tidak diperbolehkan untuk mewajibkan atau melarang murid mengenakan seragam beratribut agama.

SKB tersebut ditandatangani oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, dan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

Menag menyebutkan, lahirnya SKB 3 Menteri ini merupakan upaya untuk mencari titik persamaan dari berbagai perbedaan yang ada di masyarakat. SKB 3 Menteri bukan memaksakan agar sama, tetapi masing-masing umat beragama memahami ajaran agama secara substantif, bukan hanya simbolik.

Dikutip dari laman Kemendikbud, memaksakan atribut agama tertentu kepada yang berbeda agama, itu bagian dari pemahaman (agama) yang hanya simbolik. Yaqut Cholil ingin mendorong semua pihak memahami agama secara substantif.

Mensikapi itu Omah Ijo Lintas Kultural menggelar bincang santai mengupas soal SKB 3 menteri tersebut dalam Webinar, dengan tema ‘Memahami Perbedaan Dalam Menjaga Keberagaman’.

“Munculnya Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 Menteri yang mengatur penggunaan Pakaian Seragam Sekolah, hangat jadi perbincangan masyarakat. Bahkan sebagian masyarakat belum tahu sama sekali, apa dan bagaimana isi SKB tersebut,” terang Fadhel Moubarok, koordinator Omah Ijo Lintas Kultural. Selasa (16/2/2021)

Dari pada masyarakat bingung, lanjut Fadhel, kita perbincangkan bersama pakar. Bincang santai dalam bentuk webinar ini merupakan sebuah ikhtiar, dalam merawat kerukunan antar umat beragama dengan saling menghormati perbedaan dan keyakinan.

Webinar digelar pada Jumat, 26 Pebruari 2021, pukul 13.30 wib. Melalui live Zoom Meeting klik disini https://us02web.zoom.us/j/7236890381
Meeting ID: 723 689 0381 Passcode: omahijo.

Live FB Omah Ijo, https://www.facebook.com/omahijobedamesra/. Relay On Youtube Omah Ijo Lintas Kultural, https://youtube.com/channel/UCmp2UeLglWDYi52uBzmydng.

Dimoderatori Najih Fikriyah Demisioner Ketua PMII Kota Surakarta. Narasumber menghadirkan Dr. H. Rumadi Ahmad, MA – Kantor Staf Presiden RI, Bapak H. Musta’in Ahmad, SH, MH – Kapala Kantor Wilayah Kementerian Agama Jawa Tengah, Ibu Etty Retnowati, SH, MH – Kepala Kantor Dinas Pendidikan Kota Surakarta.

Webinar ini terbuka dan gratis bisa diikuti oleh siapapun, kalangan masyarakat dari lintas kultural, baik dari profesional lintas pekerjaan, mahasiswa, dan berbagai latar belakang agama. (ian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *