Lagi, Alana Hotel Solo Raih Juara Plating Competition 2021 Jateng DIY

JATENGONLINE, SOLO – The Alana Hotel & Convention Center Solo kembali unjuk prestasi di masa pandemi COVID-19 ini. Yak, paling anyar, hotel bintang empat terbaik se-Jawa Tengah tersebut mendapatkan Juara II dalam gelaran Plating Competition 2021 dengan tema Menggali Kuliner Nusantara Menuju Pasar Internasional yang diselenggarakan oleh Indonesian Chef Association (ICA) DIY di Prime Plaza Hotel Yogyakarta. Senin (15/2/2021)

“Tim kuliner The Alana Hotel & Convention Center Solo menyajikan 2 (dua) menu special yakni Gulai Itiak dan makanan penutup berupa Kue Kolak Ubi. Kami sengaja memilih menu Padang (Gulai Itiak) karena ingin berbeda dengan peserta lomba lainnya yang mayoritas menyajikan masakan dengan tema Jawa,” terang M. Firman, Sous Chef The Alana Hotel & Convention Center Solo.

Pria yang akrab disapa Chef Firman ini menilai, bahwa masakan Padang memang memiliki tingkat kesulitan yang lebih besar dan ini menjadi tantangan tersendiri baginya. Proses memasaknya pun terbilang cukup kompleks karena menggunakan beberapa metode memasak teknik modern. Bahan-bahan yang digunakan pun juga melalui seleksi khusus dengan ukuran dan takaran yang pas agar menghasilkan plating yang baik dan sempurna.

”Untuk Gulai Itiak sendiri, kami menggunakan teknik sous vide dan nasinya sendiri kami olah menjadi crackers. Sedangkan untuk Kue Kolak Ubi, kami menggunakan teknik mousse untuk ubi dan santannya, lalu untuk saos kincak kami ubah menjadi caramel,” tambah Chef Firman.

Adapun Culinary Alana Team, beranggotakan Paulus Bangkit Triyoso dan Gideon Beni Subagio sebagai Cook dari The Alana Hotel & Convention Center Solo dibawah pengawasan Chef Firman, nyatanya berhasil mengungguli 50 peserta lain yang terdiridari hotel & restoran se-Jawa Tengah.

Keuletan mereka berbuah manis, hasil karya mereka merebut perhatian dewan juri termasuk Chef Anton Yanwar selaku Ketua ICA DIY. Di sisi lain, mentor Culinary Alana Team yang juga merupakan Executive Chef TheAlana Hotel & Convention Center Solo, Pian Gunawan, menuturkan bahwa naiknya Culinary Alana Team ke panggung podium juara menambah deretan prestasi yang sebelumnya telah diraih baik dalam kancah nasional maupun internasional.

”Juara II Plating Competition 2021 kemarin bukan merupakan kali pertamanya kami juara. Sebelumnya, kami pernah meraih Gold Medal Food Hotel Indonesia Salon Culinaire 11th yang diselenggarakan di Jakarta International Expo (JIExpo) Kemayoran tahun 2019, 1st winner Food Plating Competition tahun 2019, 2nd winner Australian Beef & Lamb Challenge tahun 2018, 2nd Winner Sleman Gumyak tahun 2018, dan Bronze Medal Asian Gourmet Food Challenge 2018,” papar Chef Pian.

Lebih lanjut, bagi Chef Pian dan Chef Firman, mengikuti kompetisi bukanlah selalu perihal menang ataupun kalah. Bagi mereka, di masa pandemi ini, mereka ingin The Alana Hotel & Convention Center Solo memiliki icon tersendiri dan tetap menjadiperhatian masyarakat.

Tidak hanya itu, mereka juga ingin membuktikan bahwa hotel yang memiliki predikat hotel bintang empat terbaik se-Jawa Tengah tersebut juga memiliki menu makanan dan minuman yang enak dan juga teruji melalui berbagai kompetisi yang diikuti.

Sementara General Manager The Alana Hotel & Convention Center Solo, Sistho A. SRESHTHO, ST, CHA menambahkan, bahwa berbagai prestasi yang ditorehkan tersebut menjadi bagian dari langkah evolusi kuliner yang saat ini tengah dijalani.

Berbagai kreasi yang diciptakan oleh Chef The Alana Hotel & Convention Center Solo menjadi bukti bahwa makanan dan minuman yang disajikan memiliki tampilan, rasa,dan keunikan tersendiri.

“Ke depan, kami akan menyajikan lebih banyak Indonesian Modern Way Cuisine.Selain itu, akan banyak lagi menu kuliner dengan metode pembuatan unik yangdapat Anda nikmati di The Alana Hotel & Convention Center Solo,” pungkas Sistho. (ian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *