Dinas Kebudayaan Selenggarakan Gelar Panca Pustaka Sastra

Kepala Dinas Kebudayaan, Drs. Agus Santoso, M.M; saat memberikan sambutan

JATENGONLINE, SOLO – Pemerintah Kota Surakarta melalui Dinas Kebudayaan menyelenggarakan Gelar Panca Pustaka Sastra bertema “Webinar Kehidupan Berkreasi Sastra dimasa Pandemi Covid 19”. Acara ini dilaksanakan di Rumah Kabudayan Ndalem Djojokosesoeman Solo. Selasa (23/3/2021)

“Gelar Panca Pustaka Sastra merupakan pembuka rangkaian kegiatan Gelar Panca Pustaka tahun 2021 yang meliputi lima domain kebudayaan, yaitu seni, sastra, sejarah, bahasa, dan nilai tradisi. Kami mengangkat sastra sebagai salah satu bagian kebudayaan dengan harapan lebih dikenal, diminati, dikembangkan, dan dilestarikan oleh pegiat dan penikmat sastra sehingga kreativitas jagat sastra tidak memiliki batasan dimasa pandemi untuk tetap berkarya kreatif,” ucap Kepala Dinas Kebudayaan Kota Surakarta, Drs. Agus Santoso, M.M.

Dinas Kebudayaan mengundang peserta terbatas sebanyak 25 orang dari komunitas di Kota Solo untuk hadir di lokasi acara. Gelar Panca Pustaka Sastra juga digelar secara daring melalui aplikasi zoom sekaligus kanal YouTube Dinas Kebudayaan. Sehingga, lebih banyak orang dapat mengikuti acara ini.

Dinas Kebudayaan menghadirkan tokoh-tokoh sastra sebagai narasumber, yaitu sastrawan dari Yogyakarta, Joko Pinurbo; sastrawan dan teaterawan Solo, Sosiawan Leak; serta dosen Sastra Daerah Universitas Sebelas Maret Surakarta, Drs. Supardjo, M.Hum. Ketiga narsum membahas tema “Webinar Kehidupan Berkreasi Sastra dimasa Pandemi Covid 19.”

Joko Pinurbo mempresentasikan “Dua Buku Puisi dari Masa Pandemi.” Sosiawan Leak menjabarkan “Korona Bencana atau Karunia?.” Drs. Supardjo, M.Hum. menjelaskan “Karya Sastra Jaman Surakarta dan Orientasi Pageblug Pujangga.”

Para narasumber yaitu sastrawan Joko Pinurbo; dosen FIB UNS Drs. Supardjo, M.Hum., serta sastrawan sekaligus teaterawan Solo, Sosiawan Leak (dari kanan ke kiri) bersama moderator, Indah Darmastuti (no.2 dari kanan).

Selain presentasi dari para narasumber, ada juga penampilan musikalisasi puisi dari Dimas Pratama Duo berjudul “Aku Ingin” karya Sapardi Djoko Dhamono lagu oleh Ari Reda, “Karma” karya Putu Wijaya lagu oleh Dewa Bujana, dan “Kangen” karya Agus Noor lagu oleh Encik Sri Krisna; pantomime dari Solo Mime Society berjudul “Kabar Kabur;” dan deklamasi dari Sosiawan Leak berjudul “Fobia.”

Pendaftar daring webinar Gelar Panca Pustaka Sastra mencapai 200 orang dari berbagai daerah di Indonesia, termasuk Jawa, Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, NTT, dan Bali. Acara ini menghadirkan Indah Darmastuti, penulis prosa, cerita anak dan review seni pertunjukan yang berasal dari Kota Solo. (mim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *