50 Anggota DPRD Kabupaten Magelang Belajar LKPJ Ke Solo

JATENGONLINE, SOLO – Seluruh anggota DPRD Kabupaten Magelang yang berjumlah 50 orang belajar ke Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta, baru-baru ini. Selama tiga hari, mereka di Solo mengikuti bimbingan teknis (bimtek) yang bekerja sama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) perguruan tinggi itu di Hotel Paragon.

Bimtek bertema “Fungsi dan Tugas Strategis DPRD Kabupaten Magelang Dalam Analisis Laporan Keterangan Pertanggungjawaban Pemerintah Kabupaten Karanganyar” yang dibuka Rektor Prof Dr Sutardi tersebut menghadirkan sejumlah narasumber. Antara lain staf ahli Kemendagri Sugeng Hariyono serta Dr Purbayakti Kusuma Wijaya, Dr Waluyo, Dr Sugiyaryo, dan Dr Wibowo Mukti yang seluruhnya dari Unisri.

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Magelang Suharno mengatakan, bimtek kerja sama itu merupakan bagian dari implementasi Tridharma Perguruan Tinggi bidang pendidikan dan teknologi. Pihaknya berterima kasih pada Unisri yang menghadirkan narasumber kapable untuk sharing knowledge guna menambah ilmu pengetahuan bagi anggota DPRD Kabupaten Magelang.

Namun Suharno berharap, kerja sama itu tidak berhenti sampai pada bimtek ini saja tapi komunikasi kedua belah antara Unisri dan DPRD Kabupaten Magelang terus berlanjut. “Ini tetkait dengan kelengkapan DPRD yang masih butuh mitra untuk kerja sama. Terutama dalam penyusunan peraturan daerah maupun penyusunan APBD,” tandasnya.

Rektor Prof Dr Sutardi mengatakan, kerja sama antara Unisri Surakarta dan DPRD Kabupaten Magelang merupakan kolaborasi nyata untuk mewujudkan peran dan tanggung jawab masing-masing yang saling membutuhkan dan bersinergi. Sutardi memahami bahwa DPRD Kabupaten Magelang punya tugas dan tanggung jawab dalam merealisasikan aspirasi masyakat melalui tata kelola yang baik, akuntabel, dan transparan.

Sedangkan Unisri sebagai akademisi punya tugas dan tanggung jawab untuk berpartisipasi dan mendukung sepenuhnya penyelenggaran pemerintahan dalam konteks peningkatan kapasitas dan kapabilitas sumber daya manusia.

“Karena itu sangat tepat bila kita, Unisri Surakarta dan DPRD Kabupaten berkolaborasi bersinergi menggelar workshop dan saling bertukar pengalaman,” kata ketika membuka bimtek.

Salah satu materi penting dalam bimtek adalah laporan keterangan pertanggungjawaban (LKPJ) penyelenggaraan pemerintahan daerah. Di sini kemampuan anggota DPRD dalam menganalisis LKPJ untuk selanjutnya memberi rekomemdasi pada Bupati atau Pemkab untuk dilaksanakan sangatlah penting.

“Nah, di sini LPPM Unisri yang selama ini punya pengalaman langsung dalam mendampingi penyusunan LKPJ pemerintah daerah sangat bermanfaat bagi DPRD Kabupaten Magelang dalam bimbingan teknis ini,” kata rektor. (ina)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *