Selamat Jalan KH. Nawawi Abdul Jalil, Kiai Sepuh Kharismatik, “Semoga Ditempatkan di Surga-Nya”

JATENGONLINE, SIDOGIRI – Innalillahi wainna Ilaihi raji’un telah wafat KH A Nawawi bin Abdul Djalil, Pengasuh Pondok Pesantren Sidogri, sekaligus Mustasyar PBNU.

Kiai Nawawi Abdul Djalil melanjutkan kepemimpinan pondok pesantren Sidogiri sejak 2005. Di menggantikan pengasuh Pesantren Sidogiri sebelumnya, KH Abdul Alim bin KH Abdul Jalil yang wafat pada 2005.

Semasa hidupnya, Kiai Nawawi mengasuh Pesantren Sidogiri menjadi model pesantren mandiri melalui pengembangan BMT-BMT Syariah yang menyebar, terutama di hampir setiap kabupaten di Jawa Timur.

Kiai Nawawi juga dikenal sebagai pengasuh Pesantren Sidogiri yang sangat dekat dengan para santrinya. Dia kerap mengontrol sendiri kamar-kamar santri di malam hari.Dia menginginkan para santri beribadah dan memuthala’ah (mempelajari) pelajaran di malam hari.

Pesantren Sidogiri sendiri didirikan pada 1745 M oleh Sayyid Sulaiman bin Abdurrahman Basyaiban (yang wafat pada 1766 M). Sayyid Sulaiman tidak lain keturunan keempat Syekh Syarif Hidayatullah yang biasa dikenal dengan Sunan Gunung Jati.

KH. Nawawi Abdul Jalil merupakan ulama sepuh yang sangat kharismatik. Semoga di tempatkan di surga-Nya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *