KKNT MBKM UNISRI Sosialisasikan Tanaman Obat Di Posyandu Lansia Kasih Sayang Nusukan

JATENGONLINE, SOLO – Dalam rangka meningkatkan imunitas sekaligus sebagai sarana antisipasi terpapar covid-19, khususnya untuk para lansia, Tim Kuliah Kerja Nyata Tematik Merdeka Belajar Kampus Merdeka (KKNT MBKM), Rabu (28/7/2021) bertempat di Gedung Posyandu Lansia Nayu Barat RW 014, Kelurahan Nusukan menyelenggarakan sosialisasi cara menanam dan manfaat tanaman obat tradisional.

Sosialisasi dilaksanakan oleh Eunike Bunga Kinasih dari Kelompok 53 dengan DPL Drs. Suharno, MM, Ak dan Batsyeba Yaspis Ratna Cempaka dari kelompok 51 dengan DPL Anggo Doyoharjo,SH.MH.

Eunike Bunga Kinasih, menjelaskan kegiatan sosialisasi diikuti 13 kader posyandu lansia Kasih Sayang RW 14, Kelurahan Nusukan.

“Sosialisasi manfaat tanaman obat kami lakukan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat dan jumlah peserta yang terbatas,” ungkapnya.

Sementara itu Batsyeba Yaspis Ratna Cempaka menambahkan bahwa Ketua Kelompok Posyandu PKK RW 14, Sri Hartini menerima dengan baik dan mengucapkan terima atas inisiatif KKNT MBKM Unisri mengadakan sosialisasi tanaman obat bagi para kader lansia RW 14, Kelurahan Nusukan.

Tim KKNT MBKM dalam paparannya yang disampaikan dengan bahasa yang sederhana dan komunikatif ini menjelaskan jenis dan khasiat tanaman obat keluarga, beserta cara membuatnya.

Diakhir paparan tim KKNT MBKM Unisri, mengajak para kader lansia untuk meneruskan materi paparan kepada para warga dilingkungannya, serta mengajak warga mau memanfaatkan lahan pekarangan di rumah untuk ditanami tanaman obat.

“Tanaman obat tradisional, seperti kunir, jahe, kencur, laos, daun sirih, tidak membutuhkan lahan luas, namun sangat bermanfaat meningkatkan imunitas tubuh dan mengantisipasi anggota keluarga tidak terpapar covid-19 dengan biaya murah,” pesan Eunike Bunga Kinasih saat menutup sosialisasi. (ian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *