Sosialisasi Dan Pelatihan Pembuatan Minuman Bawang Dayak Untuk Meningkatkan Imunitas Dan Ide Kewirausahaan Diera Pandemi

JATENGONLINE, SRAGEN Tim Kuliah Kerja Nyata Tematik Merdeka Belajar Kampus Merdeka (KKNT MBKM) “Mewujudkan Desa Bangkit” dari Universitas Slamet Riyadi (UNISRI) Solo mengadakan sosialisasi dan pelatihan pembuatan Minuman Bawang Dayak Tanaman Asli Kalimantan Untuk Meningkatkan Imunitas Tubuh Dan Ide Kewirausahaan Di Era Pandemi Kepada warga.

Kegiatan tim KKNT “MBKM Mewujudkan Desa Bangkit” ini dalam rangka untuk memberikan pengetahuan bahwa salah satu manfaat dari Bawang Dayak Asli Kalimantan yaitu dapat Meningkatkan Imunitas Tubuh khususnya bagi lansia agar tidak terpapar Covid-19 dan Pelatihan Pembuatan Bawang Dayak Asli Kalimantan tersebut, dapat Menjadi Ide Usaha Baru bagi warga yang sulit mencari pekerjaan karena adanya dampak dari Virus Covid-19.

Sosialisasi dan Pelatihan Pembuatan Bawang Dayak Tanaman Asli Kalimanntan dilaksanakan oleh tim KKN MBKM, Vinda Lestari dari Kelompok 05 dengan DPL Drs. Suprayitno, M. Si. Dengan Bantuan Dena febriana dan Via Nur Diana dari Kelompok 05 dengan DPL Drs. Suprayitno, M. Si. Di Lingkungan Demplot Kelompok Tani Wanita (KTW) “ SUBUR MAKMUR” Dk. Putatan Rt. 13, Jenggrik, Kedawung, Sragen. Kegiatan dilaksanakan Pada hari Minggu, 1 Agustus 2021.

Menurut Vinda Lestari kegiatan sosialisasi yang diikuti sebanyak 10 anggota Kelompok Tani Wanita (KTW) Dk. Putatan Rt 13, Jenggrik, Kedawung, Sragen. “sosialisasi Dan Pelatihan Pembuatan Minuman Bawang Dayak untuk meningkatkan Imunitas Dan Ide Kewirausahaan Baru Di Era Pandemi, dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan dan jumlah peserta terbatas yang sesuai dengan aturan pemerintah.

Pada saat kegiatan berlangsung semua anggota dari Kelompok Tani Wanita (KTW), Menerima dengan baik dan mengucapkan banyak terimakasih atas inovasi baru yang datangnya Bawang Dayak Tanaman Asli Kalimantan tersebut dapat menjadikan peluang usaha bagi warga khususnya pada Kelompok Tani Wanita (KTW) yang sekaligus dapat dikonsumsi sendiri untuk meningkatkan imunitas tubuh di era Pandemi.

Tim KKNT “MBKM MEWUJUDKAN DESA BANGKIT” Dalam pengetahuan yang disampaikan dengan bahasa yang sederhana dan komunikatif mudah di pahami yang menjelaskan apa itu bawang dayak, khasiatnya, dan langsung mempraktekan bagaimana cara pembuatan minumannya.

Diakhir acara tim KKNT “MBKM MEWUJUDKAN DESA BANGKIT” UNISRI, mengajak para anggota Kelompok Tani Wanita (KTW) untuk meneruskan materi yang disampaikan kepada para warga dilingkungannya, dan memberikan Tanaman Bawang Dayak Asli Kalimantan untuk di tanam pada lahan perkarangan yang ada guna di budidayakan atau dikembangkan agar Bawang Dayak Asli Kalimantan tersebut, menjadi salah satu cara untuk menjadikan Desa Jenggrik Sebagai Desa Bangkit Dalam Perekonomian Dari Dampak Virus Covid-19 Dan Pencegahan Virus Covid-19.

Tanaman Bawang Dayak Asli Kalimantan tidak membutuhkan lahan luas, tetapi tanaman relatif langka untuk dicari di Luar Kalimantan, namun sangat bermanfaat bagi kesehatan khususnya untuk Meningkatkan Imunitas Tubuh Agar Tidak Terpapar Covid-19 Dan Belum Banyaknya Dijumpai Maka Peluang Ide Usaha Baru Besar Dengan Bantuan Bibit Dari Tim KKNT “MBKM Wujudkan Desa Bangkit” Unisri Solo. (*/ian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *