Mahasiswa KKN UNISRI Adakan Sosialisasi Cara Membangun Kembali UMKM Terdampak Covid-19

JATENGONLINE, SUKOHARJO – Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) memiliki peranan penting bagi pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Namun, dengan adanya pandemi covid – 19 fenomena anjloknya UMKM yang sangat drastis nampaknya menjadi momok bagi masyarakat luas.

Topik pembahasan ini sebagai program kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) mahasiswa Universitas Slamet Riyadi Surakarta. KKN yang berlokasi di Kampung Bulakan, Kelurahan Bulakan, Kecamatan Sukoharjo, Kabupaten Sukoharjo ini berlangsung selama 40 hari dimulai pada tanggal 26 Juli 2021 – 31 Agustus 2021. Dr. Hera Heru Sri Suryanti, M.Pd selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) kelompok 14 selalu memberikan bimbingan kepada kami dalam pelaksanaan kegiatan KKN terutama pada program kegiatan sosialisasi cara membangun kembali UMKM terdampak covid – 19.

Kegiatan ini dilaksanakan pada Senin, 9 Agustus 2021 bertempat di rumah Ibu Sugiyanti warga RT 01 Kampung Bulakan. Beliau sebagai pelaku UMKM bidang makanan ringan mengatakan, bahwa adanya pandemi ini pemasukan jadi menurun. Salah satu faktornya karena berkurangnya konsumen.

Tidak hanya Ibu Sugiyanti saja yang mengikuti sosialisasi, akan tetapi bersama 2 warga lainnya, yaitu Ibu Wulan dan Mbak Anisa. “Iya, akibat pandemi sekarang ini pendapatan dari jualan pisang online juga menurun.” tutur Ibu Wulan dimana beliau adalah pelaku UMKM penjual pisang online berjualan melalui WhatsApp.

“Pandemi sekarang ini membuat semua UMKM jadi anjlok. Ya semoga saja segera hilang dan bisa berjualan mendapat pemasukan yang lebih lagi seperti dulu,” sambung Mbak Anisa seorang pelaku UMKM penjual baju online.

Kegiatan sosialisasi yang saya lakukan mendapat dukungan masyarakat karena dengan adanya sosialisasi seperti ini menjadikan mereka berpikiran lebih terbuka dan luas guna menumbuhkan kembali UMKM yang telah mereka rintis.

Dengan cara inovasi produk yang lebih dibutuhkan saat ini dan pantang menyerah adalah solusi membangkitkan UMKM yang anjlok. Selain sosialisasi tersebut saya juga melaksanakan kegiatan sosial lainnya seperti pembagian masker, pemasangan tempat cuci tangan di rumah warga, pendampingan belajar murid TK, siswa SD, dan siswa SMP, dll.

Kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian mahasiswa KKN dalam upaya kembalinya siklus perekonomian dalam situasi pandemi covid -19. Besar harapan kami kepada masyarakat dengan UMKM terdampak covid – 19 agar kedepannya memiliki sumber pemenuhan kebutuhan hidup dengan cara yang baru dalam membangun kembali UMKM seperti inovasi produk UMKM yang dibutuhkan dalam situasi yang sesuai. Lebih besar lagi kedepannya dapat menjadi peluang usaha mandiri bagi masyarakat. (*/ian)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *