Mahasiwa PPKn UNISRI Implementasikan 18 Nilai Karakter Sebagai Program Kerja KKN-T Di Desa Gedongan

Pelatihan Tari Indang oleh Niken Tri Prasetyowati kepada anak-anak dukuh Mundu, Gedongan.

JATENGONLINE, SRAGEN – KKN-T UNISRI dengan tema “Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM-Wujudkan Desa Bangkit) 2021” kini menginjak minggu ke dua. Dengan melaksanakan protokol kesehatan yang ketat program kerja ini terus berjalan ditengah PPKM yang sedang bergulir.


Program kerja minggu ke dua ini di laksanakan oleh mahasiswa PPKn Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan di Dukuh Mundu, Desa Gedongan, Kecamatan Plupuh, Kabupaten Sragen, Rabu (4/8/2021). Dengan tema Implementasi 18 Nilai Karakter bagi anak-anak dan remaja, Niken Tri Prasetyowati dan Dany Satria Aji laksanakan program kerja berupa pelatihan Tari Indang dan pengajaran tentang Wawasan Kebangsaan.

Tujuan dilaksanakan pelatihan tari ini supaya memberikan gambaran eksistensi Tarian Indang dikalangan anak-anak hingga remaja di Dukuh Mundu. Tari Indang atau yang lebih dikenal dengan tari Dindin Badindin ini merupakan salah satu tari tradisional yang berasal dari Pariaman Provinsi Sumatera Barat. Indang sendiri berarti gendang kecil, tarian ini mirip dengan Tari Saman yang berasal dari Aceh namun memiliki gerakan yang lebih santai. Program kerja ini berjudul Implementasi 18 Nilai Karakter Peduli Lingkungan, Soisial, dan Cinta Tanah Air melalui Tari Indang untuk Melatih Kemandirian Anak.


“Saya menginginkan agar remaja di Dukuh Mundu, Gedongan tidak hanya mengenal tradisi Jawa saja. Program Kerja yang berupa pelatihan tari ini berkelanjutan hingga anak-anak dan remaja di dukuh ini fasih menirukannya setelah itu tarian mereka bisa dipentaskan dalam 17an Agustus yang akan dilaksanakan secara terbatas di dukuh ini. Kita adalah duta-duta kecil dari bangsa yang besar, jika bukan kita siapa lagi kelak yang akan melestarikan kebudayaan Indonesia yang beragam ini” Ungkap Niken.

Foto pasca pelaksanaan pengajaran tentang Wawasan Kebangsaan oleh Dany Satria Aji pada anak-anak Dukuh Mundu, Gedongan


Program kerja lainnya berupa Pengajaran tentang Wawasan Kebangsaan kepada anak-anak dibangku Sekolah Dasar program kerja ini diprakarsai oleh Dany Satria Aji. Tujuan program kerja ini adalah untuk menyadarkan dan menumbuh kembangkan semangat kebangsaan dari anak-anak mulai sejak dini. Selain itu program kerja ini dilaksanakan untuk menyongsong HUT RI ke-76.


“Wawasan Kebangsaan bagi anak-anak sekarang ini mulai memudar mulai dari tidak hafalnya lagu kebangsaan, sila Pancasila, dan tidak mengenalnya para pahlawan bangsa. Maka dari itu saya ingin menyadarkan dan menumbuh kembangkan kembali semangat dan rasa cinta tanah air melalui program kerja yang saya usung” Ungkap mahasiswa PPKn yang kerap disapa Dany.


Kedua program kerja yang diprakarsai oleh Mahasiswa PPKn Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISRI ini mendapat sambutan hangat oleh masyarakat setempat. Mereka berharap pula supaya anak-anak di desa ini tidak terbuang waktunya hanya untuk bermain saja dikarenakan sekolah pun terpaksa tutup selama pandemi covid-19 ini. (*/ian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *