Mahasiswa KKN-T UNISRI Mengajak Warga Dusun Pelem Kerep Untuk Melakukan “GEMPAR”

JATENGONLINE, KARANGANYAR – Pandemi Covid-19 mengharuskan masyarakat untuk bekerja, belajar dan mengurangi mobilitas dengan tetap berada di rumah. Yuki Melani Wahyuningrum mahasiswa prodi Akuntansi Universitas Slamet Riyadi Surakarta dari kelompok 49 dengan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Satria Rizaldi Alchatib, SIP., MA mengikuti KKN-T dengan tema “Merdeka Belajar Kampus Merdeka Wujudkan Desa Bangkit” dan membuat suatu program yaitu Gerakan Menanam Pangan di Pekarangan Rumah (GEMPAR).

Kegiatan ini dapat membantu masyarakat yang sering mengeluhkan harga pangan yang sering mengalami kenaikan. Kegiatan ini dilakukan di Dusun Pelem Kerep, Desa Tohudan, Kecamatan Colomadu, Kabupaten Karanganyar. Minggu (1/8/2021).


Program ini bertujuan untuk memanfaatkan pekarangan rumah agar menjadi lebih produktif dan dapat menghasilkan panen yang dapat digunakan untuk kebutuhan pangan rumah tangga.

“Gerakan Menanam Pangan di Pekarangan Rumah diawali dengan pembuatan video tutorial cara menanam yang baik dan benar, setelah itu dilanjutkan dengan pembagian tanaman pangan seperti cabe, terong, tomat, dan pemberian bibit sayuran seperti sawi hijau dan kangkung. Untuk pembagian video dikirim melalui WhatsApp, untuk warga yang masih bingung bagaimana cara menanamnya saya memberikan tutorial secara langsung dengan tetap mematuhi protokol kesehatan”.

Lebih lanjut dikatakan Yuki, warga sangat antusias mengikuti gerakan yang dilakukan di rumah masing-masing. Dengan begitu tidak ada terjadi kerumunan dan warga dapat menanam memanfaatkan waktu luangnya untuk menanam.

Yuki berharap dengan terlaksananya program ini, ketahanan pangan Dusun Pelem Kerep dapat terjaga walaupun harga pangan sering mengalami kenaikan contohnya cabe rawit dan tomat, serta dapat dengan adanya gerakan ini dapat menjadi hiburan warga saat jenuh hanya berada di rumah. (*/ian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *