Persiapan Asesmen Nasional Tahun 2021 SMP Negeri 8 Solo

JATENGONLINE, SOLO – Asesmen Nasional merupakan pemetaan mutu pendidikan pada seluruh sekolah, madrasah dan program kesetaraan jenjang sekolah dasar dan menengah ( dikutip dari webside Kemdikbud ). Perubahan mendasar pada Asesmen Nasional adalah tidak lagi mengevaluasi capaian murid secara individu tetapi mengevaluasi dan memetakan system pendidikan berupa input, proses, dan hasil.

Ujian Nasional (UN ) 2021 Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ( Mendikbud ) Nadiem Makarim resmi mengganti menjadi Asesmen Nasional ( AN ). Pergantian itu merupakan bentuk nyata sebagai penanda perubahan terkait evaluasi pendidikan di Indonesia. Asesmen Nasional dirancang tidak hanya sebagai pengganti Ujian Nasional dan Ujian Berstandar Nasional, namun juga sebagai penanda perubahan paradigm tentang evaluasi pendidikan.

Kepala SMP Negeri 8 Surakarta Triad Suparman, M.Pd. dalam informasi dinas hari Senin tanggal 23 Agustus 2021 pukul 13.00 WIB melalui zoom menyampaikan bahwa persiapan Asesmen Nasional Tahun 2021 dimulai dari kegiatan webinar sosialisasi AN dan penyusunan soal untuk KS dan Guru pada hari Jumat, 20 Agustus 2021 pukul 13.00 – 14.30 WIB. Dilanjutkan pada hari Sabtu, 21 Agustus 2021 ( 13.00 – 14.00 WIB ).  Hari Selasa , 24 Agustus 2021, penjelasan juknis untuk TIM Operator Sekolah. Kegiatan tersebut sebagai penyelenggara adalah Edubrand, moda online.

Perlu diketahui bahwa SMP Negeri 8 Surakarta sudah selesai digunakan sebagai tempat Isolasi Terpusat Covit-19. Sesuai aturan terbaru PPKM, masih di level 4 dan arahan dari Dinas Pendidikan Kota Surakarta, mulai hari Senin 30 Agustus WFO = 25 % dan WFH = 75 %. Hari Rabu 25 Agustus 2021 ada kegiatan simulasi ANBK disimak oleh Guru dari Laboratorium Komputer ( semi online ), penyelenggara Kemdikbudristek, Siswa belum diperbolehkan masuk sekolah. Kemudian pada hari Jumat, 27 Agustus 2021 ( 13.00 – 14.00 WIB ) kegiatan Ujicoba sistem, moda online dengan penyelenggara Edubrand.

Hari Senin – Selasa ( 30-31 Agustus 2021 ) try out ( seluruh siswa kelas 8 ). Kamis 2 September 2021 Webinar I Bedah Soal AKM dan Trik Sukses AKM. Tanggal 20-21 September try out II ( 45 siswa kelas 8 ). Tanggal 24 September 2021 Webinar Bedah Soal AKM II dan strategi sukses AKM. Semuanya diselenggarakan oleh Edubrand moda online. Hari Senin – Kamis tanggal 4 – 7 Oktober 2021 pelaksanaan AN semi online dengan penyelenggara Kemdikbudristek, yang mana rencana awal tanggal 27 – 30 September 2021.

Ada 3 aspek yang diujikan, Mendikbud Nadiem Anwar Makarim mengatakan, perubahan mendasar pada Asesmen Nasional adalah tidak lagi mengevaluasi capaian peserta didik secara individu, tetapi mengevaluasi dan memetakan sistem pendidikan berupa input, proses, dan hasil. Asesmen Nasional terdiri dari tiga bagian, yakni: 1. Asesmen Kompetensi Minimum. Mengukur literasi membaca dan numerasi sebagai hasil belajar kognitif. 2. Survei Karakter . Mengukur sikap, kebiasaan, nilai-nilai (values) sebagai hasil belajar nonkognitif. 3. Survei Lingkungan Belajar. Mengukur kualitas pembelajaran dan iklim sekolah yang menunjang pembelajaran.

Survei Karakter, untuk membangun karakter Profil Pelajar Pancasila yang disampaikan oleh Kepala SMP Negeri 8 Surakarta, Triad Suparman, M.Pd., bahwa setiap hari murid tetap berseragam sekolah walaupun online. Tidak lupa juga disampaiakn agar mempunyai etika berkomunikasi di media sosial apalagi pada proses pembelajaran. Karakter Profil Pemuda Pancasila antara lain : 1. Beriman, Bertaqwa kepada Tuhan YME dan berakhlak Mulia. 2. Berkebinekaan glogal. 3. Bergotong royong. 4. Mandiri. 5. Bernalar Kritis. 6. Kreatif.

Sandingan nilai-nilai karakter di Permendikbud 22/2020 dan Perpres 87/2017adalah: A. Profil Pelajar Pancasila ( Permendikbud 22/2020 ) yaitu ; 1. Beriman dan Bertaqwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia : akhlak pribadi, akhlak kepada manusia, akhlak kepada alam, dan akhlak bernegara. 2. Berkebinekaan global : mengenal dan menghargai budaya, kemampuan komunikasi intercultural dalam berinteraksi dengan sesame, dan refleksai dan tanggungjawab terhadap pengalaman kebinekaan. 3. Bergotongroyong : kolaborasi, kepedulian, dan berbagi. 4. Mandiri : kesadaran akan diri dan situasi yang dihadapi serta regulasi diri. 5. Bernalar kritis : memperoleh dan memproses informasi dan gagasan, menganalisa dan mengevaluasi penalaran, merefleksi pemikiran dan proses berpikir, dan mengambil keputusan. Dan 5. Kreatif : menghasilkan gagasan yang orisional serta menghasilkan karya dan tindakan yang orisional. B. Nilai Pancasila ( Perpres 87/2017 ) : religius, jujur, cinta damai, toleran, demokratis, semangat kebangsaan, cinta tanah air, peduli lingkungan, peduli sosial, mandiri, disiplin, bekerja keras, rasa ingin tahu, gemar membaca, kreatif, menghargai prestasi, komunikatif.

Menurut Mendikbud adalah sangat peting dipahami terutama oleh Guru, Kepala Sekolah, Murid dan Orang Tua Siswa bahwa Asesmen nasional tahun 2021 tidak memerlukan persiapan-persiapan khusus maupun tambahan yang justru menjadi beban psikologis tersendiri. Tidak usah cemas, tidak perlu bimbel khusus demi Asesmen Nasional.

Harapan Kepala SMP Negeri 8 Surakarta, Triad Suparman, M.Pd. bahwa untuk menghadapi Asesmen Nasional mendatang memang diperlukan berbagai macam skema dalam mempersiapkannya. Persiapan yang dilakukan adalah persiapan berbagai macam fasilitas, SDM dan lain sebagainya. Semoga Asesmen Nasional  nanti bisa berjalan sesuai dengan rencana demi menghasilkan lulusan yang terbaik dan mampu membawa nama baik SMP Negeri 8 Surakarta. (*)

*) Sri Suprapti, Sie Publikasi SMP Negeri 8 Surakarta

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.