Pengabdian Masyarakat, STIE Wijaya Mulya Gandeng Rotary Solo Serahkan Ratusan Bibit Sirsak

JATENGONLINE, SOLO – Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Wijaya Mulya (WIMA) Surakarta, Selasa (24/8/2021) siang, menyerahkan 200 bibit tanaman buah untuk sejumlah kegiatan. Selain dalam rangka gerakan penghijauan, program ini sebagai bentuk menguatkan pengabdian kampus bagi masyarakat.

STIE Wijaya Mulya menjadi mitra dan bergandengan tangan dengan Rotary Solo Kartini bekerja sama dengan Rotary Club Madiun Central, Sosialita Social Community Solo, dalam rangka Program Kegiatan ‘Rotary Hijaukan Negeri’ sekaligus peringatan Hari Kemerdekaan ke-76 Republik Indonesia, melakukan aksi penghijauan di Bantaran Sungai Bengawan Solo, di kawasan Pucangsawit, Solo. Cindy Bachtiar selaku District Governor Rotary District D3420 berkesempatan hadir di acara tersebut.

Program Rotary Hijaukan Negeri tersebut dilakukan penyerahan bibit tanaman produktif. Diantaranya 385 bibit Bunga Telang, 131 bibit Jambu Air atau Jambu Kristal dan 200 bibit Sirsak kepada beberapa kelompok tani sekitar. Diantaranya Kelompok Tani Danukusuman, Kelompok Tani Pucangsawit, dan Paguyuban Kelompok Tani Mojo.

Secara simbolis, bantuan 200 bibit Sirsak diserahkan Ketua STIE WIMA, Dr. Sri Isfantin Puji Lestari, S.E.,M.M. selaku Ketua STIE Wijaya Mulya Surakarta kepada perwakilan penerima dari kelompok tani di Bantaran Sungai Bengawan Solo (Belakang Pendopo Pucangsawit).

“STIE Wijaya Mulya merasa bangga bisa terlibat dalam program kegiatan Rotary Hijaukan Negeri. Mengingat kegiatan ini merupakan perwujudan dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat. Terlebih keberlanjutan dari kegiatan tersebut akan dilakukan pemberdayaan ekonomi masyarakat dengan melakukan vokasional oleh Rotary,” papar Sri Isfantin dalam sambutannya.

Lebih lanjut dijelaskan, selain mendukung Program Rotary Hijaukan Negeri, program penghijauan ini sekaligus sebagai bukti pengabdian kampus kepada masyarakat, meningkatkan derajat ekonomi masyarakat yang menerima manfaat dalam jangka panjang setelah tanaman dapat dipanen.

Sementara itu, Assistant Governor Rotary Silviani Tri Budi Esti dalam sambutannnya bahwa kegiatan kali ini merupakan rangkaian Program Rotary Hijaukan Negeri sesuai dengan tema bulan environment. Dengan penyerahan sejumlah bibit pohon produktif, berupa 200 bibit pohon Sirsak, 385 bibit bunga Telang dan 131 pohon jambu.

“Mengingat program ini akan berkelanjutan maka akan dilanjutkan dengan pelatihan untuk mengolah hasil tanaman tersebut,” jelasnya. (ian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *