Mahasiswa Kelompok 37 KKN-T Unisri Berikan Latihan Kewirausahaan Manfaatkan Limbah Kulit Jagung

JATENGONLINE, SRAGEN – Mahasiswi KKN-T kelompok 37 Universitas Slamet Riyadi (UNISRI) melaksanakan penyuluhan dan pelatihan kewirausahaan kepada ibu-ibu di Dukuh Mundu, Desa Gedongan, Kecamatan Plupuh, Kabupaten Sragen dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Sasaran dari kegiatan ini adalah masyarakat khususnya ibu-ibu di wilayah Dukuh Mundu yang berjumlah sembilan orang (Selasa, 24/8/2021).

Penyuluhani ini bertemakan “Penyuluhan dan Pelatihan Cenderamata Klobot Bernilai Jual Khas Mundu” yang diangkat oleh Jihan Nurabidah, mahasiswi Hubungan Internasional FISIP UNISRI. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan percontohan dan pelatihan kepada masyarakat yang berupa pembuatan kerajinan dengan memanfaatkan limbah pertanian khususnya kulit jagung (klobot) sebagai upaya pemanfaatan potensi lingkungan Desa Gedongan.

Kegiatan ini dipilih mengingat banyaknya masyarakat yang memiliki ladang jagung dan merupakan sumber daya yang mudah/diperoleh tanpa mengeluarkan modal yang besar. “Selain berguna dalam meningkatkan ekonomi masyarakat dengan memanfaatkan lingkungan sekitar, kegiatan ini juga bermanfaat sebagai sarana pemberdayaan perempuan sebagai penggerak ekonomi daerah.” ujar Jihan dalam mengakhiri penyampaian materinya.

Acara penyuluhan ini berjalan dengan lancar, selain itu ibu-ibu yang hadir sangat antusias dalam mempraktekkan cara pembuatan brosnya. Dengan adanya pelatihan ini diharapkan masyarakat dapat mengembangkan inovasi untuk mengembangkan komunitas usaha-usaha demi meningkatkat ekonomi masyarakat daerah. (*/ian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *