Siapkan Kemudahan Pembiayaan BKK Jateng Targetkan 20 Persen Pembiayaan Properti REI Jateng

Penandatanganan kerjasama PT BKK Jateng dengan DPD REI Jateng, pembiayaan properti.

JATENGONLINE, SEMARANG – PT BKK Jateng (perseroda) dan Real Estate Indonesia (REI) DPD Jawa Tengah, menjalin kerjasama pembiayaan properti. Ditandai dengan Penandatanganan nota kesepahaman antara Dirut BKK Jateng H. Koesnanto dengan Ketua DPD REI Jateng Suhartono, di Hotel Patra Jasa Semarang, Rabu (22/9/2021).

“Kami siapkan alokasi dana untuk pembiayaan 10-20 persen dari target REI Jateng, khususnya untuk program perumahan MBR,” tegas Dirut BKK Jateng H. Koesnanto, usai penanda tanganan MoU.

Kerjasama BKK Jateng dengan REI Jateng akan berjalan lancar, Koesnanto optimis dan siap bersaing dengan lembaga pembiayaan lain yang selama ini melayani KPR.

“Kami fokus membidik pasar informal. Seperti pada nasabah BKK yang menjadi basic sebelumnya,” ungkap Koesnanto.

Tak tanggung-tanggung, Koesnanto pun siap menggerakkan 27 kantor cabang BKK yang ada di seluruh Kabupaten Kota se Jawa Tengah, untuk mensosialisasikan kerjasama pembiayaan properti dengan REI Jateng ini.

Sementara Ketua DPD REI Jateng, Suhartono menyambut gembira kerjasama dengan BKK Jateng, dengan demikian akan semakin menggairahkan bisnis properti.

Dimana sebelumnya karena wabah pandemi, banyak bank umum yang melakukan pengetatan syarat kredit. Dengan BKK Jateng banyak aturan yang dipermudah.

“Dengan sasaran informal bisa memudahkan masyarakat memiliki rumah,” kata Suhartono.

REI menargetkan pembiayaan untuk 12-14 ribu unit rumah, atau 80 persen pekerjaan REI untuk memenuhi kebutuhan program Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR).

REI menjadi garda terdepan program 1 juta rumah yang dicanangkan Presiden Jokowi, lanjut Suhartono. Kerjasama ini, REI – BKK ini bertujuan agar bisa tumbuh bersama memajukan Jawa Tengah.

Sedangkan Kabiro Perekonomian Provinsi Jateng, Edi Sulistyo, yang juga ketua dewan komisaris PT BKK Jateng sangat mendukung atas kerjasama antara PT BKK Jateng menggandeng REI DPD Jateng.

Lebih lanjut, Edi Sulistyo, BKK Jateng siap mendukung dan memajukan perekonomian Jawa Tengah. Ada empat sektor terdampak yakni pariwisata, perdagangan, industri dan UMKM.

BKK Jateng siap mendukung pengembangan properti. Dimana properti pemainnya banyak, bank nya pun juga banyak.

“Kita siap bergabung membuka peluang kredit properti. Kita target 20 persen pembiayaan properti REI Jateng,” pungkas Edi Sulistyo. (ian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *