Ini Serunya Bimtek Seri Guru Merdeka Belajar di SMP Negeri 8 Surakarta

Oleh : Sri Suprapti, Sie Publikasi SMP Negeri 8 Surakarta

JATENGONLINE, SOLO – Program Guru Belajar dan Berbagi seri Guru Merdeka Belajar yang dilakuka oleh Kepala SMP Negeri 8 Surakarta, Triad Suparman, M.Pd juga diikuti oleh Guru, merupakan upaya membantu guru dan satuan pendidikan memahami konsep guru merdeka belajar dan meningkatkan kompetensi pengembangan diri secara mandiri untuk mengembangkan karier.

Menurut program Guru Belajar dan Berbagi Seri Guru Merdeka Belajar, bahwa Program Guru Belajar dan Berbagi seri Guru Merdeka Belajar dirancang untuk menjawab persoalan yang dirasakan guru dalam menjalani profesinya. Untuk diketahui bahwa dalam mengikuti Bimtek ini mendaftar melalui laman http://gurubelajar.kemdikbud.go.id.

Guru seringkali memiliki banyak tugas dan tanggung jawab baik yang terkait dengan pembelajaran dan administrasi. Guru sering mengikuti banyak pelatihan namun tidak sesuai dengan kebutuhannya. Guru yang merasa kelelahan dan merasa tidak berkembang kariernya meskipun sudah mengajar bertahun-tahun. Program Guru Belajar dan Berbagi Seri Guru Merdeka Belajar adalah program yang bertujuan untuk membantu guru mendapatkan kunci pengembangan diri: kemerdekaan, kompetensi, kolaborasi dan karier.

Bimtek yang dilakukan pada program Guru Belajar dan Berbagi seri Guru Merdeka Belajar antara lain : Pengantar Program terdiri dari 2 topics 1 quiz, aktivitas 1 Pembukaan Program, aktivitas 2 Asesmen Pra, Asesmen Pra Program, Tujuan Pendidikan terdiri dari 7 topics 1 quiz, Konsep Merdeka Belajar 6 topics 1 quiz, Konsep Guru Merdeka Belajar 4 topics. Pengembangan Diri Guru Merdeka Belajar 5 topics, Kunci Pengembangan Guru Merdeka Belajar 4 topics 1 quiz dan diakhiri dengan Penutup Program 3 topics 1 quiz.

Menurut salah satu peserta Guru Matematika, Budhy Iriani, S.Pd. merasa senang bahwa dalam merdeka belajar itu guru bebas menentukan model pengajaran, tujuan, cara dan penilaian belajarnya. Modal utama seorang Guru itu adalah dirinya sendiri, bagaimana kita mengetahui dan memahami karakter Peserta Didik, keterlibatan Pesertaa Didik, Pembelajaran yang menyenangkan, sehingga nanti alumni bisa mengenang Guru dengan sosok Gurunya.

Sedangkan tujuan Guru Belajar dan Berbagi seri Guru Merdeka Belajar adalah sebagai Tujuan Umum ; mengacu pada model kompetensi guru, program Guru Merdeka Belajar akan meningkatkan kompetensi : (1) Menunjukkan kebiasaan refleksi untuk pengembangan diri secara mandiri : a. Melakukan refleksi terhadap praktik pembelajaran dan pendidikan; b. Menemukan aspek kekuatan dan kelemahan sebagai guru; c. Menetapkan tujuan dan rencana pengembangan diri; d. Menentukan cara dan beradaptasi dalam melakukan pengembangan diri.

Selanjutnya (2) Berpartisipasi aktif dalam jejaring dan organisasi profesi untuk mengembangkan karier ; a. Mengikuti secara aktif berbagai kegiatan jejaring dan organisasi profesi; b. Melakukan eksplorasi berbagai pengalaman belajar dari kegiatan jejaring dan organisasi profesi untuk mengembangkan karier; c. Menghasilkan karya dan/atau memberikan layanan yang bermakna dari kegiatan jejaring dan organisasi profesi untuk mengembangkan karier.

Kemudian untuk Tujuan Khusus : (1) Mengenali miskonsepsi pendidikan sehingga peserta bisa berkembang menjadi Guru Merdeka Belajar yang menjadi penggerak perubahan pembelajaran; (2) Mengenali konsep pengembangan diri Guru Merdeka Belajar sehingga bisa melejitkan karier dan sekaligus berkontribusi terhadap pendidikan.

Peserta program Guru Belajar dan Berbagi seri Guru Merdeka Belajar antara lain : a. Semua Guru PAUD, SD, SMP, SMA, SMK ; b. Kepala Sekolah PAUD, SD, SMP, SMA, SMK; c. Semua Guru SDLB, SMPLB, SMALB; d. Kepala Sekolah SDLB, SMPLB, SMALB; e. Tenaga Administrasi Sekolah; f. Tenaga Kependidikan lain yang sederajat; g. Telah memiliki Akun SIMPKB.

Serunya belajar bersama di program Guru Belajar dan Berbagi seri Guru Merdeka Belajar adalah : fleksibel yaitu dapat mengikuti pembelajaran menyesuaikan waktu luang peserta. Pembelajaran dapat lebih mudah untuk diikuti, lebih mudah diakses dengan menggunakan mobile apps ( lebih mudah ) dan peserta dapat belajar dengan rekan Guru lainnya, mendorong Guru menyelesaikan semua tahapan secara kolaboratif dan giting royong ( lebih kolaboratif ).

Tahapan program Guru Belajar dan Berbagi seri Guru Merdeka Belajar yaitu tahap orientasi bahwa, pada tahap ini peserta dibekali pemahaman tentang latar belakang, tujuan, pengantar program Guru Belajar dan Berbagi seri Guru Merdeka Belajar. Kemudian Bimtek, pada tahap ini peserta akan mempelajari tentang konsep pengembangan diri : kemerdekaan, kompetensi, kolaborasi dan karier.

Jadwal Pelaksanaan Program berdasarkan tahapannya, Peserta Bimtek tinggal memilih jadwal yang sesuai dengan keinginannya sendiri. Pendaftaran : angkatan 1 tanggal 12-15 Oktober 2021, angkatan 2 tanggal 12-22 Oktober 2021, angkatan 3 tanggal 12-29 Oktober 2021, angkatan 4 tanggal 16 Oktober-5 November 2021, angkatan 5 tanggal 23 Oktober – 12 November 2021, angkatan 6tanggal 30 Oktober – 19 November 2021, angkatan 7 tanggal 6 -26 November 2021, angkatan 8 tanggal 13 November – 3 Desember 2021, angkatan 9 tanggal 20 November – 10 Desember 2021, angkatan 10 tanggal 27 November – 17 Desember 2021.

Sedangkan Bimtek angkatan 1 tanggal 15-21 Oktober 2021, angkatan 2 tanggal 22 – 28 Oktober 2021, angkatan 3 tanggal 29 Oktober – 4 November 2021, angkatan 4 tanggal 5 – 11 November 2021, angkatan 5 tanggal 12 – 18 November 2021, angkatan 6 tanggal 19 – 25 November 2021, angkatan 7 tanggal 19 – 25 November 2021, angkatan 8 tanggal 3 – 9 Desember 2021, angkatan 9 tanggal 10 – 16 Desember 2021 dan angkatan 10 tanggal 17 – 23 Desember 2021.

Dengan sudah ada pemberitahuan jadwal pendaftaran dan Bimtek, peserta program Guru Belajar dan Berbagi seri Guru Merdeka Belajar ini, peserta diharapkan dapat : Meningkatkan pengembangan diri peserta dengan menemukan kekuatan dan kelemahan diri; Dapat beradaptasi dengan meningkatnya pengembangan diri; Memiliki rencana dan tujuan yang jelas dalam pengembangan diri. Semoga bermanfaat bagi Guru yang akan mendaftarkan diri mengikuti Bimtek ini. Semangat untuk Guru! (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *