Festival Wayang Bocah 2021 Tampilkan 11 Sanggar Tari Kota Solo

JATENGONLINE, SOLO – Pemerintah Kota Surakarta melalui Dinas Kebudayaan menyelenggarakan Festival Wayang Bocah 2021 pada Minggu dan Senin, 7 dan 8 November 2021 di Gedung Wayang Orang Sriwedari, Solo. Festival ini menampilkan 11 sanggar tari dari Kota Solo. Selain penonton terbatas yang datang ke Gedung Wayang Orang Sriwedari dengan menerapkan protokol kesehatan, masyarakat juga dapat menonton melalui kanal YouTube Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Solo.

Wakil Walikota Surakarta, Drs. Teguh Prakoso membuka Festival Wayang Bocah 2021. “Budaya dan tradisi yang ada mari kita lestarikan dan kembangkan sebagai identitas bangsa dan eksistensi kebudayaan. Kegiatan ini sejalan dengan tujuan Pemerintah Kota Surakarta sebagai kota budaya,” ucap Wakil Walikota Surakarta, Drs. Teguh Prakosa.

11 sanggar tari Kota Solo yang tampil pada Festival Wayang Bocah 2021, yaitu Sanggar Langit, Sanggar Pincuk, Sanggar Tari Sang Citra Budaya, Sanggar Gedhong Kuning, Sanggar Gendewo Pinentang, Sanggar Metta Budaya, Sanggar Sarwi Retno Budaya, Semarak Candrakirana Art Center, Sanggar Soeryo Soemirat GPH Herwasto Kusuma Surakarta, Sanggar Girli Budaya Sejahtera, dan Bengkel Seni Adanu Jumantoro.

Kepala Dinas Kebudayaan Kota Surakarta, Drs. Agus Santoso, M.M. mengatakan, “Festival Wayang Bocah mengenalkan budaya bangsa kepada anak dengan cara yang menyenangkan. Edukasi keberagaman budaya kepada anak supaya tetap terjaga hingga generasi selanjutnya.”

Dinas Kebudayaan memberikan apresiasi berupa hadiah pembinaan bagi para sanggar yang mengikuti Festival Wayang Bocah 2021 yang ditentukan oleh Dewan Juri. Hadiah diberikan kepada sanggar terbaik satu hingga lima beserta perorangan untuk kategori pemeran terbaik putra dan putri, gecul terbaik, busana dan rias terbaik, sekaligus sutradara terbaik.

Dewan juri yang menilai dari kriteria cerita, penyajian, sanggit, antawecana, tembang, serta rias dan busana yaitu Blacius Subono, S.Kar., M.Sn., Kristanto, S.Sn., dan Wahyu Santoso Prabowo, S.Kar.,M.Hum.

Festival Wayang Bocah 2021 yang digelar selama dua hari ini diharapkan mampu menambah kecintaan anak-anak pada wayang orang sebagai salah satu kebudayaan Indonesia. (*/ian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *