Mahasiswa Ekonomi UNISRI Magang MBKM di DLH Kota Surakarta

JATENGONLINE, SOLO – Dalam rangka meningkatkan kompetensi mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Slamet Riyadi (UNISRI) melaksanakan kegiatan Magang Kerja Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Salah satu mahasiswa Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Yuki Melani Wahyuningrum dengan Dosen Pembimbing Magang Risya Khaerun Nisa, SE., M.Sci. melaksanakan magang kerja di Dinas Lingkungan Hidup Kota Surakarta.

Pelaksanaan magang sudah berlangsung sejak 1 November 2021 hingga 31 Desember 2021 dengan mengikuti jam kerja pada Dinas tersebut.

“Di DLH Kota Surakarta saya ditempatkan pada Seksi Pengelolaan Sampah karena disana terdapat Retribusi Pengelolaan Persampahan dan Kebersihan sesuai dengan bidang saya yaitu akuntansi. Saya mendapat tugas berkaitan dengan retribusi mulai dari penggolongan Surat Ketetapan Retribusi Pengelolaan Persampahan/Kebersihan (SKRPP/K) per kelurahan, perhitungan setoran harian, hingga penginputan setoran harian per sektor usaha dan rumah tangga. Selain itu saya juga menginput jumlah muatan sampah setiap armada kendaraan di TPA Putri Cempo,” ujar Yuki

Selama magang mendapatkan banyak ilmu, lanjut Yuki, bukan hanya berkaitan dengan retribusi persampahan saja namun pengalaman bagaimana bekerja dalam tim dan menyampaikan pendapat serta bekerja dalam mencapai target yang telah ditentukan.

Sebagaimana tanggapan Kepala Bidang Pengelolaan Sampah dan Limbah B3, Arthaty Mulatsih, ST., M.Si. bahwa dengan adanya program magang kerja yang dilaksanakan Fakultas Ekonomi UNISRI kami sangat merasa senang.

“Dengan kedatangan para mahasiswa kami dapat membagi ilmu tentang bagaimana mengimplementasikan teori ke dalam pekerjaan. Semoga ilmu yang telah didapatkan di DLH Kota Surakarta khususnya di Bidang Pengelolaan Sampah dan Limbah B3 dapat bermanfaat untuk mahasiswa kedepannya,” kata Arthaty.

Yuki berharap semoga program magang kerja dapat terus dijalankan oleh Fakultas Ekonomi dan pelaksanaan magang kerja bukan hanya untuk mahasiswa semester 7 saja namun juga untuk mahasiswa semester 5. (*/ian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *