Majelis Taklim Husnul Khatimah STIE Surakarta Laksanakan Khatam Qur’an

“Siapa yang membaca satu huruf dari Kitabullah, maka baginya satu kebaikan. Satu kebaikan itu dibalas dengan sepuluh yang semisal. Aku tidak katakan alif laam miim itu satu huruf. Namun alif itu satu huruf, laam itu satu huruf, dan miim itu satu huruf.” (HR. Tirmidzi).

JATENGONLINE, SOLO – Sebanyak 100-an jama’ah ibu-ibu Majelis Ta’lim Husnul Khatimah STIE Surakarta ikuti pelaksanaan Khatam Qur’an yang dilaksanakan pada Sabtu, 22 Januari 2022, bertempat di Aula kampus setempat.

Kegiatan Khatam Qur’an untuk yang kesekian kalinya ini, upaya meraih keutamaan dalam mengkhatamkan Al-Qur’an, yakni merupakan amalan yang paling dicintai Allah. Orang yang mengikuti khataman Al-Qur’an, seperti mengikuti pembagian ghanimah. Mendapatkan doa/shalawat dari malaikat. Mengikuti sunnah Rasulullah SAW dilaksanakan kelompok pengajian ibu-ibu Husnul Khatimah STIE Surakarta, sebagai implementasi program kegiatan rutin.

Pelaksanaan kegiatan Khataman ini juga diisi dengan kegiatan baca Qur’an, shalawat dan zikir, serta doa bersama yang di pimpin oleh Ustadz Muhammad Iqbal, turut dihadiri oleh Penasehat Pengajian Husnul Khatimah Hj. Wahyu Hakimah dan Pendiri STIE Surakarta H. Sunarto Istianto.

“Sepantasnya kita keluarga besar Majelis Taklim Husnul Khatimah STIE Surakarta memanjatkan rasa syukur kepada Allah SWT, atas nikmat yang diberikan kepada kita semua, khususnya anggota majelis pengajian ini. Dengan Khataman Qur’an ini diharapkan semakin meningkatkan iman dan kecintaan kita kepada Al-Qur’an,” ungkap H. Sunarto Istianto

Adapun program kegiatan yang selama ini dilaksanakan yaitu program one day one juz (ODOJ). Demi wujudkan manusia yang beriman dan bertaqwa, serta membentuk karakter yang berkualitas. Program tersebut berisi kegiatan membaca Alquran satu hari satu juz.

Sebagai bentuk kegiatan refresing juga akan dilaksanakan Wisata Religi dalam waktu dekat ke Madura.

“Kegiatan One day one juz (ODOJ) ini banyak sekali manfaatnya, selain memanfaatkan waktu luang. Kegiatan ini juga bertujuan melengkapi kebaikan dan mengharapkan keberkahan yang berlimpah,” ujarnya.

Kelompok Ibu Ibu Pengajian Husnul Khatimah STIESurakarta juga memprogramkan membantu kaum dhuafa dan yatim miskin, selain menyantuni anak yatim asuhan STIE Surakarta non panti, yakni kumpulan anak yatim dan dhuafa yang keberadaannya diluar panti.

Banyak cara menunjukkan kepedulian kepada sesama saat di tengah pandemi virus Corona atau COVID-19. Salah satu contohnya dilakoni kelompok pengajian ibu-ibu Husnul Khatimah STIESurakarta ini.

Ibu-ibu majelis pengajian ini secara rutin mengumpulkan donasi setiap kali pertemuan, setelah dana terkumpul kemudian disumbangkan kepada mereka yang membutuhkan. Mulai dari anak yatim, fakir miskin maupun dhuafa.

Ditambahkan Sesepuh Pengaian Husnul Khatimah, Hj. Wahyu Sunarto, dalam pertemuan yang diselenggarakan secara rutin, selalu menyediakan umplung (kaleng), untuk memberikan kesempatan anggota pengajian menginfakan dananya.

“Karena hidayah yang kita dapatkan itu dari secara istiqomah menjalankan perintah dan menjauhi segala larangan-laranganNya. Ada dua kegiatan rutin, yakni selain kajian hadits Riyadusholihin juga hafalan. setiap Selasa sore, dan setiap Rabu pagi dilaksanakan hafalan Juz’ama,” ujarnya.

Sementara untuk kegiatan sosial dan kepedulian terhadap sesama, Majelis Taklim Husnul Khatimah STIE Surakarta kedepannya akan terus dilaksanakan dan dikembangkannya, mengingat seluruh anggotanya antusias untuk berbagi kepada masyarakat yang membutuhkan.

“Kami yang sebagian besar adalah lansia, begitu kita share untuk membantu dan berbagi, sangat antusias untuk membantu,” imbuh Hj Wahyu Hakimah.

Acara Khataman Quran di akhiri dengan doa dan tausyiah tentang Husnul Khatimah oleh Ustadz Muhammad Iqbal, yang sebelumnya diawali dengan pembacaan Asmaul Husna.

Allhummarhamni bilqur’an. Wajalhu li imaman wa nuran wa hudan wa rohmah. Allahumma dzakkirni minhu ma nasitu wa ‘allimni minhu ma jahiltu warzuqni tilawatahu aana-allaili waj’alhu li hujatan ya rabbal ‘alamin.

“Ya Allah rahmatilah kami dengan al Qur’an. Jadikan ia imam kami, cahaya, petunjuk dan rahmat bagi kami. Ya Allah ingatkanlah kami apa yang kami lupa dan ajarkan bagi kami apa yang kami jahil. Karuniakanlah kepada kami untuk dapat membacanya sepanjang malamnya dan sepanjang siangnya. Jadikanlah ia perisai kami. Wahai Tuhan sekalian alam.” (*/ian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.