Dukung Pertumbuhan UMKM Indonesia, Bank DBS Indonesia Sediakan Solusi Perbankan Digital Terintegrasi di Aplikasi CARInih

JATENGONLINE, JAKARTA – Bank DBS Indonesia bekerja sama dengan CARInih, perusahaan berbasis teknologi yang mengutamakan kolaborasi ekosistem guna mendukung transformasi digital bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) baik secara online maupun offline. Bergabung menjadi nasabah Bank DBS Indonesia sejak Desember 2021, CARInih menghadirkan aplikasi yang dilengkapi dengan inovasi layanan perbankan korporasi digital dari Bank DBS Indonesia, salah satunya produk DBS MAX QRIS. Kerja sama ini memberikan kemudahan bagi pelanggan dalam bertransaksi dan menjamin kelancaran pembayaran kepada mitra.

Era perkembangan digital saat ini turut meningkatkan kebutuhan masyarakat akan layanan yang mendukung gaya hidup serba cepat dan mudah, tidak terkecuali dalam hal berbelanja. Masyarakat kini mulai beralih menggunakan platform digital seperti e-commerce untuk berbelanja karena dinilai lebih mudah dan menghemat waktu ketimbang berbelanja secara langsung di toko.

Tidak hanya itu, tingginya kebutuhan masyarakat untuk berbelanja secara digital menuntut UMKM untuk turut menjajakan produknya melalui platform digital. Berdasarkan laporan e-Conomy SEA 2021 dari Google, Temasek, dan Bain & Company, nilai gross merchandise value (GMV) Indonesia pada 2021 diperkirakan mencapai total US$70 miliar, dengan pertumbuhan tahunan sebesar 49 persen dibandingkan dengan 2020. Peningkatan yang tajam ini sejalan dengan pertumbuhan nilai total transaksi sektor e-commerce sebesar 52 persen. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dalam acara 3rd Indonesia Fintech Summit 2021 juga memaparkan bahwa terdapat 2.319 startup di Indonesia hingga akhir tahun 2021.

SVP Institutional Banking Group PT Bank DBS Indonesia, Angela Thenaria, melihat geliat digitalisasi pada sektor UMKM mendorong Bank DBS Indonesia untuk secara aktif memberikan solusi perbankan yang mudah, aman, dan nyaman sesuai dengan prinsip ‘Live More, Bank Less’. Solusi perbankan berbasis digital di mana memudahkan nasabah untuk melakukan berbagai transaksi sehingga membantu pertumbuhan bisnis mereka.

“Seluruh kekuatan digital yang kami miliki, disebut This is DBS digibanking. Dengan mendukung pengadopsian teknologi digital pada sektor UMKM, maka Bank DBS Indonesia turut menjadi bagian dari ekosistem digital serta mempercepat inklusi finansial di tanah air,” ungkap Angela Thenaria.

Layanan DBS MAX QRIS yang tersedia pada aplikasi CARInih merupakan sebuah sistem pembayaran digital menggunakan Quick Response Indonesia Standard (QRIS) yang memberikan pelayanan penyelesaian kredit secara real time dengan memindai untuk membayar (scan and pay). DBS MAX QRIS akan memberikan laporan yang komprehensif dengan mengintegrasikan transaksi dari berbagai QRIS melalui QRIS-Encore report untuk memudahkan proses rekonsiliasi CARInih dan memudahkan kelancaran pembayaran ke mitra.

Ketika pelanggan ingin menggunakan metode pembayaran QRIS, pelanggan juga dapat memilih sumber pembayaran baik menggunakan bank atau e-wallet. Setelah itu, pelanggan akan menerima notifikasi transaksi secara real time melalui Instant Credit Notification.

Founder dan CEO PT DKI, Tan Leny Yonathan mengatakan, aplikasi sama dengan solusi, besar harapan nya, kehadiran CARInih dapat menjadi pilihan solusi bagi teman-teman pelaku usaha UMKM Indonesia pada khususnya dalam menjalankan usahanya.

“Cukup dengan satu aplikasi CARInih, teman-teman pelaku usaha dapat memiliki sistem kelola toko yang terintegrasi dengan pembayaran dan pengiriman, dukungan pemasaran dan perluasan jangkauan melalui akses toko online, serta berbagai fitur yang memudahkan dan terintegrasi, salah satunya yaitu hasil kolaborasi PT DKI dengan Bank DBS Indonesia,” jelas Leny Tan.

Dalam rangka peluncuran aplikasinya, CARInih mengajak pelanggan Indonesia untuk turut mengambil bagian dalam mendukung UMKM Indonesia dengan memberikan promo menarik bagi pelanggan yang mengunduh Aplikasi CARinih di Google Play Store berupa penawaran harga spesial Rp22,- untuk seluruh produk teman dan mitra UMKM bertanda khusus, yang dapat dipesan di Aplikasi CARinih dari tanggal 22 Februari sampai dengan 20 Maret 2022.

Head of Sales Global Transaction Services PT Bank DBS Indonesia, Husin Hartono menyampaikan,. bahwa Bank DBS Indonesia memaksimalkan pengalaman digital dan user journey pelanggan serta mitra CARInih dengan menghadirkan solusi DBS MAX QRIS yang terintegrasi dengan penggunaan API.

“Layanan ini merupakan solusi yang memudahkan transaksi pelanggan CARInih dan pembukuan CARInih dalam menjalankan bisnisnya sehari-hari,” ujar Husin Hartono.

DBS MAX QRIS merupakan bagian dari kampanye This is DBS digibanking yang menghadirkan pengalaman tanpa batas bagi nasabah korporasi dan UMKM dalam perjalanan bisnis sehari-hari telah mendapat penghargaan Top Innovation Choice Award 2021 oleh Infobrand.

Selain itu, transformasi digitalisasi perbankan Bank DBS Indonesia juga telah diakui dan meraih berbagai penghargaan diantaranya Indonesia’s Most Popular Digital Financial Brands (Millennials’ Choice) 2021 oleh ICONOMICS, Indonesia Outstanding Millennials’ Brand Choice Awards 2021 oleh Warta Ekonomi, Digital Brand Awards 2021 oleh Infobank, Indonesia Digital Innovation Awards 2021 oleh Warta Ekonomi dan The Best Full-Fledged Banking 2021 oleh CNBC.

Melalui MAX QRIS, Bank DBS Indonesia juga menjadi bagian dari ekosistem digital cashless 2025 yang diluncurkan oleh Bank Indonesia pada tahun 2019. (*/ian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.