KKN UNISRI Bangkitkan Daerah Grogol Melalui Promosi Online

JATENGONLINE, SUKOHARJO – Pandemi Covid-19 sekarang ini memberikan dampak yang besa pada berbagai bidang usaha termasuk Usaha Mikro Kecil dan Menengah yang biasa disebut dengan UMKM. Dengan adanya keadaan ini Universitas Slamet Riyadi Surakarta, melaksanakan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang bertujuan untuk membantu para pelaku Home Industri atau UMKM dalam membangkitkan kembali penjualan usaha mereka yang sempat redup karena dampak dari berbagai aturan yang ada sekarang ini.

Pada program kerja kali ini mahasiswa KKN ilmu Komunikasi Universitas Slamet Riyadi Surakarta berkesmpatan membantu UMKM Peyek Kampoeng Solo yang berlokasi di Perum Gading Permai Blok BL.8 Grogol, Sukoharjo. UMKM yang bergerak dibidang kuliner. Yang menawarkan makanan oleh-oleh khas Solo dengan berbagai rasa khas peyek dari Solo seperti Peyek Kacang Tanah, Peyek Kacang Hijau, dan Peyek Teri yang di produksi sendiri oleh UMKM tersebut. Tak hanya itu Peyek Kampoeng Solo juga menyediakan beberapa jenis kemasan untuk dijual.

“Pada hari pertama Pemilik Peyek Kampoeng Solo diberikan sosialisasi mengenai protokol kesehatan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah dalam rangka mencegah penyebaran virus covid-19. Edukasi ini dilakukan guna memberikan rasa aman dan nyaman kepada konsumen yang akan berbelanja secara Offline, selian itu pemilik Peyek Kampoeng Solo juga diberi sosialisasi bagaimana mengelola media sosial yang baik dan untuk berdagang di era sekarang ini,” ujar Stefani, mahasiswa KKN Ilmu Komunikasi UNISRI. Selasa (15/2/2022).

Di tempat produksi Peyek Kampoeng Solo selalu menerapkan protkol kesehatan sesuai dengan aturan pemerintah seperti disediakan hand sanitizer atau tempat cuci tangan, menggunakan hand gloves saat proses produksi. Kemudian pemilik Peyek Kampoeng Solo juga diberikan bantuan dan pengetahuan guna meningkatkan kembali penjualan uasahanya yang menurun akibbat pandemi ini dengan mempromosikan secara online di media sosial, yang dinilai merupakan salah satu cara yang efektif untuk era sekarang ini.

Salah satu contoh usaha yang dilakukan lainnya adalah mahasiswa KKN UNISRI membuatkan akun media sosial seperti Instagram dan e-katalog dan mengisi beberapa konten video reels, atau meniklankan ke media sosial kuliner di Solo guna mengangkat produk Peyek Kampoeng Solo dan memperluas pasar. (*/ian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.