Peresmian & Serah Terima Masjid Djojohartono Ke PPTA Amal Sahabat Al Azhar Syifa Budi

MASJID DJOJOHARTONO: Penyerahan tanda terima wakaf dan penandatanganan prasasti Masjid Djojohartono dari perwakilan keluarga Djojohartono (kanan) kepada Ketua Pengurus Yayasan Amal Sahabat Solo H. Sunarto Istianto (kiri), Rabu (16/3/2022).

JATENGONLINE, SOLO – Sebagaimana diketahui bersama, Masjid adalah tempat ibadah kaum muslimin yang memiliki peran strategis dalam pertumbuhan peradaban umat Islam. Masjid bukan hanya sebagai tempat menunaikan ibadah shalat, tetapi juga berperan sebagai pusat pendidikan dan penyebaran syiar Islam. Bahkan Masjid pada masa Rasulullah, disamping digunakan sebagai tempat menyelesaikan berbagai persoalan umat, juga menjadi pusat pemberdayaan masyarakat.

Seiring dengan pertumbuhan Masjid dan tantangan perubahan jaman yang semakin cepat, pengelolaan Masjid menuntut manajemen yang baik. Manajemen atau pengelolaan yang baik itu, diperlukan untuk mewujudkan kemakmuran Masjid. Kemakmuran sebuah Masjid, tergantung pada bagaimana mengelola dan mendayagunakan masjid dengan sebaik-baiknya.

Secara resmi Masjid Djojohartono Pondok Pesantren (Ponpes) Tahfidz Alquran (PPTA) Amal Sahabat Al Azhar Syifa Budi di Jalan Adi Sucipto No. 123, Jajar, Laweyan, Solo, dibuka dengan ditandai penyerahan dokumen wakaf dari keluarga Alamarhum Soeharto Djojohartono kepada  Pengurus Yayasan Amal Sahabat Solo. Dilanjutkan penandatanganan prasasti masjid oleh keluarga Djojohartono. Rabu (16/3/2022)

Keluarga Almarhum Soeharto Djojohartono, Andrianto Heri Wijaya menyampaikan, rasa syukur atas selesainya pembangunan masjid, selesai dan diresmikan pada haul meninggalnya para keluarga Djojohartono. Selanjutnya semoga berdirinya masjid ini dapat bermanfaat bagi para santri dalam memperdalam ilmu agama.

“Kami mengucapkan terima kasih pada para pengurus Ponpes Tahfidz Amal Sahabat Solo dan para ustadz Al-Azhar Syifa Budi Solo yang telah membantu dalam menyukseskan pendirian masjid ini,” ujarnya saat memberikan sambutan.

H. Sunarto Istianto

Fungsi utama Masjid sebagai tempat ibadah, tentu saja harus diisi dengan berbagai kegiatan yang bernuansa keagamaan. Shalat, dzikir, dan kegiatan membaca Al-Qur’an, adalah bagian dari upaya memakmurkan Masjid sebagai tempat ibadah kepada Allah SWT.

Namun demikian, Masjid sebagai pusat peradaban umat harus lebih diberdayakan melalui berbagai kegiatan keumatan yang dapat menciptakan dan membawa kemaslahatan umat dan memancarkan Islam sebagai rahmat bagi semesta alam.

Ketua Dewan Pembina Yayasan Amal Sahabat Dr. H. Achmad Purnomo kedua dari kanan

Sementara, Ketua Pengurus Yayasan Amal Sahabat Solo, H. Sunarto Istianto menuturkan, perlunya memberikan kesempatan kepada semua lapisan masyarakat, untuk menggunakan Masjid bagi seluruh aktifitas keagamaan dan keumatan. Antara lain, Masjid dapat juga berfungsi sosial dan dapat didayagunakan untuk memberantas kemiskinan, kebodohan, dan kedangkalan iman.

“Pembangunan masjid berjalan lancar dan selesai tepat waktu. Masjid dengan total nilai 1 Milliar ini, sebelumnya diawali wakaf tanah yang sudah dialihkan atas nama Yayasan Amal Sahabat Solo,” kata H. Sunarto.

Ponpes Tahfidz Alquran Amal Sahabat Al Azhar Syifa Budi kini memiliki 24 santri putra dan 16 santri putri, beberapa dari mereka juga telah menjadi tahfidz Alquran hafal 30 juzz. Adapun pendidikan Al Azhar Syifa Budi terdiri dari jenjang TK hingga SMA. Prestasi tingkat nasional maupun internasional berhasil diraih meski di tengah pandemi.

“Semoga para santri bisa lulus dan menjadi tahfidz handal. Kualitas lulusan Al Azhar Syifa Budi semakin meningkat. Alhamdulillah ada yang melanjutkan pada kampus ternama di Indonesia. Bahkan sampai kampus internasional,” imbuhnya.

Santri PPTA Amal Sahabat Syfa Budi Solo

Masjid yang memadukan ornamen klasik dan modern di lahan seluas 1.400 meter ini diwakafkan keluarga Soeharto Djojohartono untuk para santri Ponpes Tahfidz Amal Sahabat Solo. Sebelum doa penutup diawali pembacaan surat yasin untuk para almarhum dan almarhumah keluarga Djojohartono. (*/ian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.