Syiar Ramadhan Raih Berkah, BM FKAM Ajak Anak Yatim Belanja Bareng di Assalam Hypermart

JATENGONLINE, SUKOHARJO – Menjelang Ramadhan, Baitu Mal FKAM kian kuatkan semangat kebaikan tanpa batas dengan memberikan kebahagiaan untuk anak-anak yatim di Solo Raya, Jawa Tengah. Ahad (20/3/2022).

“Alhamdulillah, sebanyak 83 anak yatim mendapatkan kebahagiaan dengan mengikuti kegiatan Bingkisan Yatim dengan tema Belanja Bahagia Bareng Yatim, guna memberikan apa yang menjadi kebutuhan mereka menjelang puasa ramadhan,” terang Koordinator BM FKAM, Taufik, disela acara belanja di Assalam Hypermarket, Pabelan, Sukoharjo.

Anak-anak ini sangat bahagia. Sebab dalam keseharian mereka belum tentu bisa membeli makanan untuk persiapan puasa ramadhan, apalagi merasakan berbelanja dan memilih langsung barang kebutuhannya.

“Alhamdulillah anak-anak bahagia dan sangat bersyukur dan menyampaikan doa untuk para donatur dan muzakki BM FKAM,” imbuh Taufik.

Taufik mengungkapkan dalam kegiatan belanja bareng di Swalayan Assalam Hypermarket tersebut anak-anak bebas memilih kebutuhan belanja mereka dengan budget yang sudah ditetapkan.

“Rata rata mereka memilih baju, sandal, buku tulis, kue kering dan minuman ringan,” katanya. Selain belanja untuk dirinya sendiri, mereka juga belanja untuk ibu maupun saudaranya.

Seorang penerima manfaat bernama Luqna, asal Polokarto mengaku bahagia dengan program ini.

“Alhamdulillah senang banget, bersama teman-teman bisa belanja di sini, bisa beli peralatan sekolah, pokoknya seneng banget. Terimakasih BM FKAM,” ucap anak usia 9 tahun itu.

Sedangkan Supervisor Area Hypermart Assalam, Sugiyanto menyampaikan, support yang luar biasa terkait penyelenggaraan program ini, dengan menyiapkan secara khusus tempat pembayaran untuk program ini, sehingga tidak mengurangi kenyamanan bagi konsumen lain.

“Kami sangat mendukung program yang baik ini, selain fasilitas kenyamanan yang dipersiapkan juga memberikan pelayanan yang terbaik demi lancarnya kegiatan ini,” katanya. Dan berharap kegiatan ini terus berlanjut kedepannya.

Program Yatim Smart (Shalih, Mandiri, Cerdas dan Terampil) BM FKAM.
Rasulullah SAW memberikan perhatian yang sangat besar kepada anak yatim. Beliau SAW bersabda, “Aku dan pengasuh anak yatim (kelak) di surga seperti dua jari ini.” (Rasulullah SAW menunjuk jari telunjuk dan jari tengah dan merapatkan keduanya.) Demikianlah jaminan Rosulullah SAW bagi mereka yang mau memperhatikan kehidupan anak yatim, peduli terhadap kesulitan yang mereka hadapi, dan memberikan kebahagiaan bagi mereka. Jaminan tersebut adalah surga bersama dengan Rasulullah SAW.

Program Yatim Smart merupakan program pemberdayaan anak yatim berbasis masjid. Program Yatim SMART ini diadakan untuk membantu pendidikan, kesehatan, psikis, fisik, skill dan tumbuh kembang anak yatim. Kegiatan dengan anak yatim yang berbasis masjid ini meliputi: Menginisiasi, mengedukasi, dan mengkordinir kepedulian masyarakat terhadap anak yatim. Bersama takmir masjid membentuk tim peduli yatim. Bea siswa pendidikan.
Bantuan biaya kesehatan. Peningkatan life skill. Mengadakan pembinaan dan bimbingan rutin. Mengadakan monitoring dan evaluasi berkala.

Baitulmal FKAM merupakan lembaga nirlaba yang resmi dan legal, serta telah mendapatkan pengukuhan dari Kementerian Agama Republik Indonesia melalui Surat Keputusan Nomor DJ.III/392 Tahun 2016 sebagai Lembaga Amil Zakat.

Mengajak segenap komponen masyarakat untuk bersama mewujudkan kesejahteraan dan kemandirian anak yatim, dengan penuh semangat kebersamaan berbagi dan peduli sesama. (*/ian)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.