Dinkop UMKM Surakarta Gelar Bimtek Pengelolaan Keuangan Rajuter

Kepala Dinas Koperasi UMKM Surakarta, Wahyu Kristina, menyerahkan peralatan Bimtek kepada perwakilan peserta

JATENGONLINE, SOLO – Keuangan merupakan faktor yang sangat penting dalam sebuah usaha. Dengan pengelolaan keuangan yang baik akan menjadikan perusahaan menjadi sehat. Sumber keuangan tak terduga bisa saja muncul menjadi faktor yang sulit terdeteksi. UMKM merupakan sentra usaha kecil yang harus berusaha sendiri dengan modal yang terbatas. Dengan pengelolaan yang baik maka UMKM akan sangat mungkin naik kelas.

Berlokasi di Grand HAP Hotel Solo, Senin (21/3/2022) Dinkop UMKM Surakarta menggelar Bimtek pengelolaan keuangan. Sebagai narasumber adalah Drs. Suharno, MM dari UNISRI Solo.

Agenda bimtek dibuka oleh Kepala Dinas Koperasi UMKM Surakarta Wahyu Kristina, MM, berpesan kepada peserta untuk mengikuti bimtek dengan sebaik mungkin agar mendapatkan ilmu yang disampaikan oleh narasumber. Bu Ina begitu disapa juga mengajak berkomunikasi dengan peserta bimtek untuk lebih akrab. Diantara pertanyaannya adalah dari peserta siapa yang paling lama atau senior dalam usaha rajuter ini.

Suharno yang terbiasa memberikan penguatan motivasi kepada BPR memulai pembahasan dengan menggugah peserta. Metode berinteraksi dengan peserta sangat ditekankan agar peserta menjadi lebih bersemangat.

Peserta yang berasal dari rajuter Solo sangat menikmati paparan Suharno yang juga seorang dosen senior di UNISRI. Setelah mendapatkan perhatian peserta kemudian Suharno mulai menanyakan kepada peserta tentang produk masing-masing dan menanyakan berapa biaya produksi beserta komponennya.

Pengelompokan peserta juga dilakukan agar para peserta lebih kenal dan akrab. Yel yel dan tema fokus masalah juga digunakan sebagai awalan.

Dalam berusaha uang yang digunakan untuk operasional harus dipisahkan dengan uang pribadi. Hal ini agar pengelolaan perusahaan menjadi lebih profesional. Sehingga akan bisa diketahui kesehatan perusahaan.

Bimtek Dinas Koperasi UMKM akan berlangsung 3 hari dan selain manajemen keuangan oleh Drs, Suharno, MM dari UNISRI juga akan mengupas masalah Digital Marketting oleh Bambang Eka Purnama dari Universitas BSI Surakarta (*/arn)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.