Ribuan Lampion Asmaul Husna Nuansa Semarak Ramadhan 2022 Kota Budaya

Jajaran Panitia Semarak Ramadhan Kota Solo 2022 berfoto bersama Walikota Solo usai melaksanakan rakor. Selasa (22/3/2022)

JATENGONLINE, SOLO – Kegiatan menyambut bulan Ramadhan tahun ini menjadi istimewa. Pada Ramadan tahun ini, sepanjang Jalan Jendral Sudirman Kota Solo akan dihias dengan ornamen khas Ramadhan. Ada perasaan tersendiri saat memeriahkan atau menyambut datangnya bulan Ramadhan merasa gembira bersama masyarakat dan lingkungan. Semarak Ramadan. Nantinya Kota Solo akan disemarakkan dengan ribuan lampion.

Ketua Panitia Semarak Ramadhan, H. Sunarto Istianto mengatakan, ornamen yang nantinta akan menghiasi sepanjang jalan depan balaikota Solo hingga Gladag tersebut berbentuk lampu ting dan ornamen lainnya dengan gambar kaligrafi Asmaul Husna.

“Lampion Ramadan nantinya berbentuk simbol-simbol Asmaul Husna dan sebagainya. Dan ini nanti lampunya juga akan bisa menyala dengan bunyian-bunyian Islami, sepanjang jalan jensud itu ada hiasan-hiasan seperti kemarin saat Imlek.” jelas Sunarto, usai mengikuti rapat koordinasi. Selasa (22/3/2022).

Selain memberikan warna tersendiri bagi kota Solo, dengan Semarak Ramadhan menampilkan hiasan-hiasan, ornamen masjid dan sebagainya, sekaligus menjadi daya tarik masyarakat yang singgah di kota ini, dan merupakan suatu bentuk sambutan bagi para pemudik yang pulang ke Kota Budaya tersebut.

Susasna rakor

Ribuan lampu ting dan lampion, menurut Sunarto, lampu-lampu tersebut akan dipasang sebelum Ramadhan hingga usai lebaran.

“H-3 puasa ramadhan lampion sudah dipasang hingga ramadhan penuh, kemudian ada Syawalan satu Minggu,” ungkapnya.

Terbayang di benak hati, betapa semaraknya nuansa ramadhan di kota Solo, sejalan nantinya orang-orang melaksanakan ibadah di mushola ataupun di masjid. Yang biasa sehari-hari sepi nanti saat bulan ramadhan menjadi ramai bahkan sampai ada yang tidak muat jamaah.

H. Ichwan Dardiri

“Kami menyambut gembira kedatangan bulan ramadhan, karena hari hari ramadhan adalah hari-hari yang penuh dengan keberkahan di mana kebaikan nilainya dilipatgandakan dan kesalahan diampuni oleh Allah swt,” ujar H. Ichwan Dardiri, salah satu panitia Semarak Ramadhan 2022

Ramadhan adalah bulan tobat, bulan mendekatkan diri kepada Allah dan bulan meningkatkan ketaqwaan karenanya rasa gembira yang tak terkira dalam hati hati orang-orang yang beriman adalah bentuk dari pada bibit-bibit ketakwaan yang tumbuh di dalam jiwa.

Sementara itu, Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka mengatakan, dengan turunnya kasus Covid-19 ini, merupakan kesempatan untuk Pemkot Solo memulihkan ekonomi, berencana akan membuka bazar Ramadhan yang menjajakan produk-produk UMKM Solo. Untuk itu, akan ada beberapa jalan yang ditutup dan dibuat layaknya car free day.

“Bulan Ramadan sebentar lagi, momen yang pas banget, jadi kita kejar lah di satu bulan ke depan ini. Ada pemasangan lampion juga,” kata Mas Walikota.

Pihaknya juga akan berkoordinasi lebih lanjut, rencana menutup jalan depan Pusat Grosir Solo buat jualan takjil. “Tapi belum pasti ya, nanti dikoordinasikan lagi sama Dinkop UKM dan Disdag siapa saja yang bisa ikut di situ,” ujarnya.

Sedangkan untuk mengantisipasi kerumunan, Pemkot Solo akan bekerja sama dengan TNI, Polri, serta Satuan Polisi Pamong Praja. Prediksinya ramainya sama kayak lampion Imlek kemarin. “Sudah kita antisipasi kok, tenang aja,” kata Gibran.

Semarak Ramadan Solo 2022, panitia menggandeng dan bekerja sama dengan komunitas muslim Solo, dalam pemasangan lampion. Lokasi pemasangan lampion dilakukan di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman. Hiasan lampu ting dan masjid yang membunyikan syiar Islam berupa ajakan salat dan ajakan membayar zakat di Balaikota. (*/ian)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.