Pertama Kalinya Rektor UTP Surakarta Periode 2022 – 2026 Dijabat Perempuan

JATENGONLINE, SOLO – Jumat, 01 April 2022 dilaksanakan pelantikan Rektor Universitas Tunas Pembangunan Surakarta (UTP) Periode 2022- 2026. Rektor terpilih adalah Dr. Winarti, M.Si. Beliau lahir di Boyolali pada tanggal 15 Oktober 1959. Saat ini Dr. Winarti, M.Si tinggal di Sumber, Banjarsari, Surakarta.

Dr. Winarti, M.Si merupakan lulusan Fisipol UGM dan melanjutkan program Magisternya di UGM mengambil program studi Magister Public Administration. Setelah itu mendapatkan gelar Doktoral di Universitas Brawijaya jurusan Ilmu Administrasi.

Hal ini menjadi sebuah terobosan dan sesuatu yang berbeda dari UTP. Karena pada periode 2022-2026 UTP Surakarta akan dipimpin oleh Rektor perempuan pertama kalinya. Sebelumnya Rektor UTP Surakarta selalu diisi oleh Laki-laki.

Dr. Winarti, M.Si terpilih berdasarkan surat keputusan Yayasan Perguruan Tinggi Tunas Pembangunan Surakarta Nomor : 46/YPTTP/G/III-2022 tentang Pemberhentian Rektor Universitas Tunas Pembangunan periode 2018-2022 dan Pengangkatan Rektor Universitas Tunas Pembangunan periode 2022-2026 yang ditetapkan pada 22 Maret 2022. Serangkaian seleksi pemilihan Rektor telah dilaksanakan mulai dari bulan Desember 2021 hingga akhir Januari 2022. Berikut visi dan misi yang diutarakan oleh Ibu Dr. Winarti, M.Si saat tahapan pemaparan visi dan misi bakal calon Rektor pada tanggal 24 Januari 2022

Misi : Menjadi lembaga perguruan tinggi berkualitas, mandiri, bermartabat dan dengan dijiwai Pancasila untuk mengabdi kepada kepentingan dan kesejahteraan bangsa

Visi : Meningkatkan kegiatan Pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat beridentitas kerakyatan serta membangun sosio budaya Indonesia
Melaksanakan pembelajaran dan pengabdian masyarakat berbasis riset
Menjadi universitas yang mandiri dan memiliki tata kelola yang baik (Good university governance)

Sebagai Rektor terpilih tentu program kerja serta sasaran yang ingin dicapai sudah dirancang sebaik mungkin oleh Dr. Winarti, M.Si. Beberapa program kerja tersebut seperti meningkatkan jejaring kerjasama baik lokal, nasional, dan internasional. Tercapainya akreditasi baik lembaga maupun program studi hingga mampu menghasilkan lulusan yang siap bersaing di pasar tenaga kerja. Selain itu Ibu Winarti juga akan terus mendorong bagaimana dosen-dosen di UTP untuk mampu mendapatkan gelar Doktor atau menyelesaikan S3.

Disamping itu perlunya semangat persatuan dan kesatuan untuk memajukan universitas ini khususnya di era revolusi industry 4.0 dan society 5.0 UTP sudah harus mampu dan siap. Karena peran perguruan tinggi sangatlah penting di era tersebut, Dr. Winarti, M.Si tidak ingin UTP tertinggal dan terlambat dalam mengikuti perkembangan jaman semakin maju.

Dr. Winarti, M.Si juga menyoroti pembenahan-pembenahan dalam kelembagaan agar secara kelembagaan universitas lebih sehat dan matang dari segala aspek. Selain itu tidak lupa untuk menjalankan visi dan misi perlunya menerapkan program Tri Ciri (patriot, mandiri, dan pelopor) kepada civitas akademika di lingkungan UTP Surakarta.

Terpilihnya Dr. Winarti, M.Si UTP Surakarta mampu mewujudkan cita-cita sebagai kampus unggul dan Juara. Serta amanah dan tanggung jawab yang diberikan dapat diemban sebaik mungkin, sehingga Dr. Winarti, M.Si dapat menjadi pemimpin yang adil dan bijaksana demi keberlangsungan UTP kedepan. Selamat! (*/ian)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.