PT Insani Investama MoU Dengan UNS, Perkuat Peran DUDI Dalam Industri Pendidikan

JATENGONLINE, SOLO – Penyelarasan pendidikan dengan kebutuhan dunia usaha dan dunia industri (DUDI), dimana industri pendidikan tidak lagi hanya sebagai suatu lembaga sosial yang berdiri sendiri, terlepas dari lembaga-lembaga sosial lain. Sebagai suatu bagian yang tidak dapat dipisahkan dari masyarakat yang ada di sekitarnya, baik masyarakat lokal, maupun masyarakat daerah atau masyarakat nasional.

Pendidikan menghasilkan lulusan yang akan digunakan oleh DUDI. Artinya, kualitas hasil pendidikan akan mempengaruhi kualitas DUDI.

Sementara, kegiatan pengembangan pendidikan berbasis DUDI menjadi fokus penting penerapan kampus merdeka belajar. Kegiatan ini menyasar pada pengembangan kompetensi mahasiswa agar sesuai dengan kebutuhan DUDI.

Universitas Sebelas Maret (UNS) dalam penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi dan Pengembangan Sumber Daya Manusia menggandeng PT Insani Investama. Kerjasama ini dituangkan dalam bentuk penandatanganan nota kesepahaman.

“Melalui nota kesepahaman ini kami akan mengaplikasikan dan meningkatkan pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi dan pengembangan sumber daya manusia melalui kerjasama dengan PT Insani Investama beserta seluruh perusahaan grup,” ungkap Wymbo Widjaksono, Direktur Utama PT Insani Investama, usai penandatanganan MoU, Kamis (7/4/2022).

Kerjasama yang ditandatangani diharapkan mampu mencetak lulusan UNS yang siap kerja sesuai dengan kebutuhan kompetensi DUDI. Dan, Insani Group yang terdiri dari PT Insani Investama sebagai holding company dan anak perusahaannya dapat memiliki hubungan yang semakin erat dan saling menguntungkan dengan UNS.

“Kerjasama ini tidak hanya meliputi bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang pengembangan sumber daya manusia dan penyelenggaraan program merdeka belajar kampus merdeka. Tapi sekaligus pengembangan usaha dan industri, khususnya dalam bidang perbankan, teknologi informasi, dan jasa akuntansi,” imbuh Wymbo.

Anak perusahaan Insani Group antara lain, PT BPR Bina Sejahtera Insani (Binsani), PT BPR Rejeki Insani (Rinsani), PT BPR Dutabhakti Insani (Dinsani), PT Sewoo Insan Sentosa yang bergerak di bidang IT Consulting, dan juga KJA (Kantor Jasa Akuntan) PT Jasa Insani Surakarta.

Wakil Rektor Perencanaan, Kerjasama, Bisnis, dan Informasi UNS, Sajidan menyampaikan, bahwa Tri Dharma Perguruan Tinggi adalah tugas perguruan tinggi dalam rangka mengembangkan dan memberdayakan masyarakat melalui proses pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat.

“Kami menyambut positif kerjasama ini. Tujuannya, mendorong mahasiswa untuk menguasai berbagai keilmuan yang berguna untuk memasuki dunia kerja,” katanya dalam sambutan.

Kampus Merdeka, lanjutnya, memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk memilih mata kuliah yang akan mereka ambil. Sekaligus mengambil program magang di DUDI. Ini yang dilakukan bersama PT Insani Investama. (*/ian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.