SMPN 8 SoloGelar Doa Bersama & Motivasi, Jelang Ujian Sekolah

JATENGONLINE, SOLO – Menjelang Ujian Sekolah (US) yang akan dilakukan pada hari Senin – Jum’at tanggal 18 – 22 April 2022, dan dilanjutkan pada hari Senin 25 April 2022 mendatang, SMP Negeri 8 Surakarta menggelar doa bersama.

Kepala SMP Negeri 8 Surakarta, Triad Suparman, M.Pd. mengadakan doa bersama dan motivasi kepada Peserta Didik kelas 9 di ruang yang sudah ditentukan. Kamis, 14 April 2022. Untuk Peserta Didik yang beragama Islam di ruang Aula, yang beragama Kriten di ruang Agama Kristen, dan untuk yang beragama Katolik di ruang kelas 9 A.

US ini merupakan ujian terakhir yang diselenggarakan oleh sekolah sebelum Peserta Didik meninggalkan sekolah. Untuk membekali kesiapan, sekolah mengadakan doa bersama dan motivasi agar para Peserta Didik lebih bersemangat dan siap secara mental dan spiritual. Kegiatan ini dilakukan secara tatap muka, setelah ada surat edaran masuk yang mengumumkan untuk pembelajaran 100%.

Sebelum kegiatan dimulai, diawali dengan pesan-pesan yang diberikan oleh Kepala Sekolah, Triad Suparman, M.Pd. di halaman sekolah pukul 08.00 WIB. Peserta Didik mendengarkan pesan yang disampaikan oleh Kepala Sekolah dengan hidmat. Pesan yang disampaikan oleh Kepala Sekolah yaitu untuk tetap semangat dan serius dalam mengikuti Ujian Sekolah yang dilaksanakan secara tertulis. Meskipun ini bukan penentu utama dalam kelulusan, diharapkan untuk dapat disiapkan secara matang.

Selanjutnya Peserta Didik juga diharapkan nantinya dapat mengerjakan secara jujur dan cerdas. Sehingga apapun hasilnya dapat menjadi evaluasi bagi Peserta Didik dan juga sekolah. Karena hanya beberapa hari lagi menjadi Peserta Didik SMP Negeri 8 Surakarta, maka berikanlah yang terbaik sehingga memiliki kesan terbaik. Selain itu juga meminta untuk mohon doa restu kepada kedua Orang Tua. Sehingga nantinya dapat dimudahkan dalam menjalani Ujian Sekolah. Termasuk tetap menjaga kesehatan karena masa pandemi belum berakhir.

Selain itu agar Peserta Didik diakhir menjelang kelulusan ini menjadi ending terbaik, Insya Allah, dengan demikian maka selama 3 tahun belajar di SMP Negeri 8 Surakarta ini mendapat kesan terbaik. Selain itu Peserta Didik juga mendapat informasi- informasi kaitannya kelas IX disampaikan oleh Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, Hesti Setyaningsih, S.Kom. bahwa US dilakukan secara tertulis.

Jadi pelaksanaan Ujian Sekolah secara tatap muka. Pelaksanaan juga tetap mematuhi protocol kesehatan, sehingga Peserta Didik dapat menyiapkan dengan baik. Seperti tetap memakai masker, cuci tangan saat masuk gerbang sekolah dan wajib membawa handsanitaizer masing-masing. Ujian Sekolah yang meliputi 11 mata pelajaran itu merupakan tes tahap akhir yang akan dilalui siswa kelas IX setelah sebelumnya mereka mengikuti ujian praktek.

Doa bersama dan motivasi yang dilakukan oleh Peserta Didik yang beragama Islam menurut Guru Agama Nur Barokah, S.Pd.I.,berjumlah 179 anak ini berada di ruang Aula dipimpin oleh Ustadz Badaruddin Muhammad Khadam, S.Pd., M.Pd.

Peserta Didik beragama Kristen berjumlah 49 anak yang dipimpin secara langsung oleh Guru Agama Kristen, Zohanna Hendriyati, S.Pd. Sedangkan untuk Peserta Didik yang beragama Katolik berjumlah 22 anak dipimpin langsung oleh Guru Agama Katolik, F.Nita Purwaningsih,S.Ag.

Doa bersama ini rutin diadakan setiap tahun sebagai bekal dan ikhtiar Peserta Didik agar diberi kemudahan dalam menjalankan US. Harapannya agar nantinya Peserta Didik dapat menjalankan dengan lancar. (sri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.