Buka Puasa di Hotel Jadi Tren, Tahun Ini Kunjungannya Naik 

Suasana Buka Bersama di Riyadi Palace Hotel Solo

JATENGONLINE, SOLO – Ekonomi Kota Solo tampaknya terus membaik. Itu terlihat dari konsumsi masyarakat yang kembali bergairah. Berbuka puasa di hotel kini bukan hal yang mewah, atau sudah menjadi kebiasaan masyarakat kota Bengawan ini. Tingkat kunjungan hotel untuk berbuka dan menginap pun trennya meningkat.

Kondisi sepi hanya dirasakan diawal bulan, setelahnya reservasi masyarakat untuk mengadakan buka puasa bersama terus membanjiri paket yang ditawarkan perhotelan, resto maupun foodcourt di mal.

Sebagaimana disampaikan CEO Azana Hotels and Resorts Dicky Sumarsono, menurutnya resto dan mall sepi ketika di tanggal 2 – 10 April saja, tapi mulai tanggal 11 April hingga sekarang dan seterusnya sudah sangat ramai dan akan lebih ramai lagi.

“Kebetulan saya juga check ke beberapa resto yang ada di Solo, Jogja, Jakarta di periode tersebut,” kata Dicky, saat dihubungi.

Yang jelas, lanjut Dicky, baik resto di dalam hotel maupun resto yang stand alone, Ramadan tahun ini akan mendapatkan jumlah covers yang hampir dua kali lipat dibanding Ramadan tahun lalu.

“Akan muncul revenge Travellers dan revenge bukber hunters, akibat dari dua tahun tertahan sejalan dengn menurunnya kasus covid-19 di Indonesia dan dunia,” pungkas Dicky.

Kemeriahan acara buka bersama di RPH

Pengunjung Buka Puasa di  Hotel Meningkat
Pengunjung menanti beduk tanda berbuka puasa, termasuk di Riyadi Palace Hotel (RPH), Jalan Slamet Riyadi 335 Solo. Kian marak,  Paket Buka Bersama All You Can Eat digelar hanya Rp 60.000 per pax, umat Islam yang berbuka puasa di RPH semakin hari semakin meningkat jumlahnya. Hal ini diungkapkan oleh Manager Marketing RPH, Endang di sela menanti beduk berbuka di hotel tersebut.

Dikatakannya, peningkatan tamu yang memilih buka di RPH “memaksa” pihaknya mengoptimalkan layanan resto untuk buka puasa. Meskipun baru tahun ini menggelar paket ramadhan, namun peminat terus reservasi menggelar acara di RPH.

“Kebanyakan tamu walk in,” kata Edang. Ia menduga meningkatnya masyarakat yang memilih buka puasa di RPH selain faktor rasa juga karena terbilang terjangkau dan pilihannya sesuai selera. Biasanya permintaan buka bersama didominasi perusahaan-perusahaan swasta.

Rata-rata 70 persen booking-an berasal dari swasta, dan 30 persen individu. “Minat masyarakat terus meningkat. Itu memperlihatkan ekonomi semakin baik,” jelasnya, Selasa (19/4/2022).

Selain itu, dibukanya sejumlah obyek wisata seiring menurunnya Covid-19, juga menjadi salah satu penyebab konsumsi yang tercatat terus membaik. Kegiatan-kegiatan masyarakat juga semakin banyak, seperti reuni sekolah atau ulang tahun dan sebagainya turut mendongkrak minat menuju restoran.

Salah satu kebiasaan seru yang dinantikan saat Ramadan yaitu momen buka puasa bersama. Biasanya momen ini dimanfaatkan untuk menjalin silaturahmi bersama keluarga atau teman.

“Hotel dipilih karena harga-harga restorannya sangat terjangkau. Tidak seperti dulu, harganya jauh berbeda dengan restoran yang ada di luar hotel,” terangnya.

Terpisah, General Manager Frontone Airport Solo, Saufan Husnika mengatakan, restoran bisa menopang pemasukan hotel selama Ramadan. Diketahui tingkat hunian cenderung menurun selama bulan suci umat Islam. “Berbuka puasa di hotel sudah jadi tren,” katanya.

Dia menjelaskan, revenue food and beverage (F&B) hampir di semua hotel lebih baik dari room saat Ramadan. Kalau di hotel-hotel berbintang di Solo setiap harinya bisa terisi sekitar 70 persen dari total target, bahkan ada yang lebih. “Ada perbedaan tahun ini dan tahun lalu,” tuturnya.

Menurutnya, Ramadan tahun ini, peak season untuk F&B baru terjadi pada minggu kedua Ramadan. Tapi hal itu tidak menjadi masalah yang besar. “Kita targetkan keterisian restoran bisa mencapai 85 persen dari target,” tutupnya.

Hartono Mall Pakuwon

Di bulan Ramadan, acara buka bersama menjadi kegiatan yang menyenangkan. Kegiatan yang hanya bisa dilakukan setahun sekali ini akan semakin istimewa dengan hidangan spesial.

Di Solo, banyak hotel menawarkan sejumlah promo buka puasa all you can eat dengan harga ramah di kantong. Selain itu, menu all you can eat banyak dipilih karena komplet dan punya rasa yang enak.

Untuk kamu yang berdomisili atau sedang berada di Solo, coba manfaatkan beberapa promo all you can eat yang di tawarkan oleh hotel. Jangan sampai kehabisan, ya! (*/ian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.