Musyawarah Gugus Depan Gerakan Pramuka SMPN 8 Surakarta Tahun 2022

JATENGONLINE, SOLO – SMP Negeri 8 Surakarta mengadakan musyawarah Gugus Depan Gerakan Pramuka SMP Negeri 8 Surakarta tahun 2022 dibawah pimpinan Triad Suparman, M.Pd. di ruang Aula sekolah setempat. Jum’at (22/4/2022)

Acara dimulai pada pukul 13.00 WIB untuk Upacara Pembukaan dan menyanyikan Lagu Indonesia Raya yang dipimpin oleh Sri Triwulan, S.Pd. dan sebagai pembawa acara adalah Hetty Dwi Agustin, S.Pd.

Tujaun diadakannya Mudyawarah Gugus Depan ini Gerakan Pramuka SMP Negeri 8 Surakarta ini adalah sebagai laporan pertanggungjawaban Ketua Gudep Masa Bakti 2020 – 2022 dibacakan oleh Ch. Endah Setyowati, S.Pd., Rencana Kerja Gudep 2022 – 2022, dan memilih Ketua Gugus Depan masa bakti 2022 – 2024.

Untuk pemilihan Ketua yang disetujui oleh Ka Mabigus, Triad Suparman, M.Pd. adalah sebagai Ketua Pembina Gugus Depan Putra, Rori Khoirudin, S.Pd., M.Pd. dan sebagai Ketua Gugus Depan Putri, Christina Endah Setyowati, S.Pd.

Acara selanjutnya sambutan yang disampaikan oleh Ka. Mabigus Triad Suparman, M.Pd. sekaligus membuka Musyawarah Gugus Depan. Dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih dan selamat datang kepada Kakwaran dari Kwarcab atau yang mewakili, Kakak-kakak Pembina, Bapak Ibu Perwakilan Komite Sekolah, serta adik-adik Dewan Penggalang yang telah hadir pada acara ini.

Sebagai wahana pendidikan nonformal peran Pramuka tidak dapat dipandang sebelah mata, terutama pada pengembangan pola piker, karakter dan tentunya eksplorasi bakat dapat ditemukan dan diasah di Gerakan Pramuka. Jika secara kompleks apa yang diharapkan dari tujuan gerakan Pramuka Indonesia tercapai, maka anak muda sebagai penerus bangsa akan memiliki keterampilan ekstra di luar pendidikan formal, lebih –lebih dalam hal penanaman keterampilan kepemimpinan atau leadership.

Perlu diketahui bahwa SMP Negeri 8 Surakarta sangat konsen terhadap perkembangan dan berkesinambungannya kegiatan kepramukaan, diantaranya dengan memperkuat lembaganya yakni Gugus Depan Pramuka 04.099 / 04.100 yang berpangkalan sekolah sebagai wadah untuk menghimpun anggota Pramuka dalam merumuskan dan menjalankan aktifitasnya.

Acara sidang Pleno I yang dipimpin oleh Rori Khoirudin, M.Pd., antara lain pemilihan Presidium Sidang, Pembacaan dan Pengesahan Susunan Acara dan Tata Tertib MUGUS 2022, dilanjutkan dengan sidang Pleno II dengan laporan pertanggungjawaban dari masing-masing Pembina Gugus Depan. Kemudian sidang Pleno III yaitu sidang Tim Formatur, Pembahasan Program, Pembacaan dan Pengesahan hasil sidang tim Formatur, dan sidang Pleno IV Pembacaan hasil sidang Mugus 2020.

Program Kegiatan yang sudah dilakukan pada tahun sebelumnya antara lain : Penerimaan Golongan Siaga ke Penggalang, latihan SKU Penggalang Ramu, Ujian SKU Penggalang Ramu, Latiha SKU Penggalang Rakit, Pelantikan Kenaikan Pangkat, Latihan SKK, Ujian SKK dan Latihan Tambahan.

Untuk program selanjutnya yaitu musyawarah Gugus Depan, Gladian Pemimpin Regu, Menyiapkan Penggalang Garuda, Latihan Gabungan, Perkemahan Dekat ( PERSAMI ), Perkemahan jauh, Lomba Tingkat I dan II, Lomba memperingati HUT RI, Lomba antar Regu, Bakti Masyarakat, Refreshing dan Tanda Jejak, Evaluasi, dan Rencana Tindak Lanjut ( RTL ).

Musyawarah Gugus Depan SMP Negeri 8 Surakarta Tahun 2022 ini dihadiri oleh Ka. Kwarran Jebres, Suranto, S.Pd.. Kwaran ( Ka Harian ), Suwardi. Kwaran Jebres, Winarsih Majelis Pembimbing dan Pimpinan / Pembina Gudep 0.4.099 / 04.100 SMP Negeri 8 Surakarta tahun 2022-2024, Jumiasih dan Sunarso ( Perwakilan Orang Tua ), Perwakilan Dewan Galang.

Untuk acara terakhir acara musyawarah Gugus Depan yaitu upacara penutupan antara lain persiapan Pelantikan dan serah terima Jabatan. Dilanjutkan dengan sambutan Ka Mabigus sekaligus menutup Musyawarah Gugus Depan. Harapan dari Kepala SMP Negeri 8 Surakarta, Triad Suparman, M.Pd. dengan Musyawarah Gugus Depan 04.099 / 04.100 Pangkalan SMP Negeri 8 Surakarta ini dapat menentukan arah kiblat kebijakan pengembangan kegiatan kepramukaan serta menyiapkan kepemimpinannya yang memiliki kapasitas dan integritas yang baik.

Acara diakhiri menyanyikan Hymne Satya Dharma Pramuka, dan ditutup dengan doa pada pukul 15.45 WIB. Salam Pramuka! (*)

*) Oleh : Sri Suprapti, Sie Publikasi SMP Negeri 8 Surakarta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.