Cek Kondisi Motormu Sebelum Mudik Gaes !

JATENGONLINE, SEMARANG – Momen mudik tiap tahun dimanfaatkan sebagian besar orang sebagai ajang bersilahturami dengan keluarga besar dan salah satu aktivitas berkendara menggunakan sepeda motor menjadi pilihan untuk menemani perjalanan mudik sehingga pengecekan kondisi motor sebelum mudik wajib dipersiapkan demi kenyamanan selama berkendara.

Hery Suryo selaku Technical Service Manager Astra Motor Jateng menjelaskan bahwa ada beberapa komponen motor yang perlu di cek sebelum melakukan perjalanan panjang, oleh karena itu AHASS Jateng ingin berbagi tips dan trik terkait komponen apa yang penting untuk dilakukan pengecekan lebih dahulu;

Kondisi Ban Sepeda Motor
Ban sepeda motor merupakan komponen yang pertama harus kita periksa dari alur ban untuk mengetahui apakah masih tebal dan apakah tekanan angin masih sesuai dengan ukuran standarnya. Selain itu kita juga harus memperhatikan kapasitas penumpang dan barang bawaan agar tidak melebihi kapasitas kemampuan dari ban itu sendiri.

Cek Kondisi Mesin
Pengecekan mesin sepeda motor hendaknya dilakukan minimal seminggu sebelum melakukan perjalanan mudik, hal ini dilakukan karena menghindari pergantian part yang mungkin butuh waktu untuk mencarinya. Beberapa hal yang harus di periksa pada mesin diantaranya adalah:
Oli mesin dipastikan dalam keadaan baik dari kualitas ataupun kuantitasnya.
Kondisi busi apakah elektroda busi masih bagus atau sudah aus.
Air radiator / Collant bagi sepeda motor yang menggunakan radiator wajib di cek kualitas dan kuantitasnya agar jangan sampai mesin overheat.

Cek Kondisi Rem
Rem merupakan komponen paling penting di sepeda motor yang di gunakan untuk mengurangi laju kendaraan. Hal yang perlu di periksa disini adalah kampas rem, pengendara perlu mengecek apakah kampas rem masih tebal dan minyak rem masih baik serta lampu rem menyala dengan baik agar pengendara di belakang kita tau bahwa kita mengurangi kecepatan sepeda motor.

Periksa Kondisi Rantai / CVT
Penyaluran tenaga dari mesin ke roda kurang maksimal juga berpengaruh pada konsumsi bahan bakar, untuk itu pemeriksaan kondisi rantai / drive belt pada motor matic perlu di lakukan, jika kemungkinan sudah aus atau umur pakai sudah melebihi standarnya, alangkah baiknya untuk segera diganti.

Cek Lampu dan Baterai
Sebagian orang melakukan perjalanan mudik mulai malam hari dengan beberapa pertimbangan diantaranya menghindari panas dan kemacetan. Hal ini merupakan faktor penting untuk kita wajib mengecek kondisi lampu sepeda motor serta fungsi dari speedometer di sepeda motor. Selain itu baterai sepeda motor dipastikan dalam keadaan baik, karena baterai adalah sumber arus utama di sepeda motor dan untuk mendukung kinerja maksimal dari komponen-komponen kelistrikan yang lain.

“Bila pengendara sudah memastikan motornya dalam kondisi prima, maka selanjutnya perlu menyiapkan kondisi fisik yang prima juga. Oleh karena itu, untuk memudahkan setiap bikers motor Honda dalam menyiapkan motornya, AHASS Jawa Tengah siap untuk melayani berbagai pengecekan dan permasalahan mesin demi menunjang kenyamanan dan keamanan konsumen,” kata Hery. (*/ian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.