Rakernas GenPI Digelar di Solo, Minta Dukungan Mas Wali !

JATENGONLINE, SOLO – Kerjasama antara Generasi Pesona Indonesia (GenPI) Nasional bersama Kota Surakarta tetap terjalin dengan sinergis. Hal ini ditandai dengan kunjungan GenPI Nasional ke Rumah Dinas Walikota Surakarta, Loji Gandrung di Jalan Brigjen Slamet Riyadi Nomor 261, Kelurahan Penumping, Laweyan Surakarta (Rabu, 11/4/2022). Pembina, Ketua Umum, Humas dan Media GenPI Nasional bertemu Walikota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka, membahas seputar GenPI Nasional beserta program dan kerjasamanya.

Diawali dengan presentasi tentang profil GenPI Nasional oleh Mbak Jhe, selaku Ketua Umum, dilanjutkan dengan rangkaian capaian yang telah dilakukan oleh GenPI Nasional dan tentunya program unggulan 2022 GenPI Nasional. Rangkaian capaian kerja yang pernah dilaksanakan oleh GenPI Nasional diantaranya keterlibatan dan kampanye dalam mendukung pemenangan Indonesia dalam World Tourism Awards, Pemenangan Video Promosi Pariwisata Indonesia di UNWTO, Pemenangan berbagai awards pariwisata Indonesia 2016 sampai dengan 2019.

Selain itu dukungan promosi Asian Games 2018. Lebih dari 100 Workshop Literasi Media Digital untuk optimalisasi pariwisata baik nasional maupun daerah. GenPI Nasional juga melakukan dukungan promosi 100 Calendar of Event Pariwisata Nasional 2017 sampai dengan 2019, serta melakukan famtrip destinasi prioritas.

Setelah penyampaian serangkaian capaian kerja oleh Ketua Umum GenPI Nasional, Mbak Jhe dilanjutkan pemaparan program utama di tahun 2022 diantaranya, Indonesia Aja adalah program Generasi Pesona Indonesia untuk mendukung pemasaran dan pertumbuhan sektor pariwisata domestik pasca pandemi. Setelah Indonesia Aja, GenPI Nasional juga memiliki program META (Mission, Education, Transformation, Acceleration). Program META adalah pengembangan sumber daya manusia yang akan dijalankan oleh Generasi Pesona Indonesia untuk melatih dan mengembangkan SDM yang unggul dalam pemuihan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia. Program META bisa berupa workshop, training, education.

Ketiga, program Indonesia Berseri adalah program Kerjasama Generasi Pesona Indonesia Bersama dengan berbagai corporate, asosiasi dan komunitas di seluruh Indonesia untuk pemulihan dan promosi pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia. Program yang paling hangat baru diselesaikan satu seri adalah Overland Indonesia yakni Jalin Komunitas yang diadakan di Pulau Jawa yakni Jalin Komunitas Java Series. Program ini dilakukan untuk memperkuat jalinan jaringan komunitas yang bisa mendukung kegiatan pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia yang diinisiasi oleh GenPI Nasional. Selanjutnya akan ada Overland di Sumatera, Kalimantan dan Celebes Series untuk memperkuat jaringan komunitas di seluruh Indonesia.

Dalam Rakornas GenPI Nasional yang akan datang akan dilaksanakan di Kota Surakarta, imbuh Mbak Jhe, Ketua Umum GenPI Nasional meminta dukungan kepada Walikota Surakarta untuk bersama-sama mensukseskan Rakornas dengan mensinergikan seluruh stakeholder pariwisata di seluruh Indonesia untuk dapat hadir ke Surakarta, ungkapnya.

Dalam perjumpaan kemarin Humas dan Media GenPI Nasional, Wexa Pradana mengungkapkan siap untuk mendukung semua program yang ada di Kota Surakarta dengan beberapa media yang dimiliki oleh genpi serta media agensi yang dikelolanya. Dalam pertemuan kemarin selain presentasi dari GenPI Nasional juga ada beberapa informasi dari Walikota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka terkait perkembangan pariwisata dan ekonomi kreatif.

Terdapat beberapa pembangunan 10 sektor prioritas pembangunan Kota Surakarta, diantaranya Pembangunan Masjid Raya Syekh Zayed Solo, Pembangunan Islamic Centre, Pembangunan Elevated Rail Simpang Tujuh Joglo, Revitalisasi Technopark, Revitalisasi Ngarsopura dan Koridor Gatot Subroto, Revitalisasi Kebun Binatang Jurug, Pembangunan Shelter Manahan, Revitalisasi Lokananta, Revitalisasi Taman Balekambang Solo, Revitalisasi Sentra IKM Meubel Gilingan. “Sepuluh titik prioritas pembangunan Kota Surakarta ini diharapkan mampu menopang dan memperkuat posisi Kota Surakarta dalam mendukung kegiatan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di Surakarta dan Jawa Tengah”, ungkap Gibran. (*/ian).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.