Ini Ternyata Instrumen Penting Spion, Yang Harus Kamu Tahu Gaes!

Atur posisi spion 1/3 bagian terlihat lengan, 2/3 terlihat objek dibelakang
JATENGONLINE, SEMARANG – Bikers seringkali melupakan pentingnya kegunaan atau fungsi dari spion, terutama bikers muda yang memiliki minat untuk memodifikasi motor yang mengganti part dari produk aftermarket berdasarkan kesan keren atau kekinian sehingga kurang memperhatikan unsur keamanan dan kenyamanan sepeda motor saat dikendarai.

Dengan didasari pemikiran awam bahwa spion ini mengganggu pandangan dan terlihat tidak keren, banyak bikers yang masih memilih melakukan penggantian spion menjadi lebih kecil dan memindah posisinya, bahkan mencopot spion sehingga melupakan unsur keselamatan berkendara yang #Cari_Aman.

Faktanya, spion mempunyai fungsi sebagai instrumen penting penunjang keselamatan dalam berkendara. Penggunaan spion yang benar dapat membantu kita secara cepat melihat, memantau kondisi dibelakang, dan mengukur jarak dengan pengendara lain sehingga bisa mempunyai inisiatif jika ada bahaya dari arah belakang. Bahkan spion juga memudahkan pengendara saat mundur berada diparkiran yang padat.

Alfian Dian Pradana, selaku Instruktur Safety Riding Astra Motor Jateng menerangkan bahwa pabrikan sudah mendesain spion sedemikian rupa mulai dari bentuk, ukuran, bahkan pertimbangan untuk dapat melihat dengan jelas objek dibelakang pengendara agar nantinya spion itu bisa berfungsi secara maksimal dan menyelamatkan bikers dari bahaya yang tidak terlihat dibelakang sehingga sebenarnya tidak perlu ada penggantian spion pada sepeda motor. (*/ian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.