Grand Final English Speech Competition – Dies Natalis UNISRI Ke-42 Tahun 2022

JATENGONLINE, SOLO – Dalam rangka menyemarakkan Dies Natalies Universitas Slamet Riyadi yang ke – 42, Prodi Hubungan Internasional yang didapuk sebagai panitia dan pelaksana utama dari event tahunan tersebut menyelenggarakan berbagai kegiatan yang diikuti oleh berbagai kalangan pelajar dan mahasiswa di seluruh Indonesia.

Salah satunya adalah Lomba Pidato Bahasa Inggris atau English Speech Contest yang diikuti oleh siswa SMA se-karesidenan Surakarta.

Mengangkat tema Peran Edukasi Gen-Z dalam Menghadapi Era Digital, Lomba Pidato tersebut berhasil dilaksanakan dengan meriah. Antusiasme yang tinggi dari peserta sangat terlihat jelas ditengah sengitnya kompetisi diantara kontestan yang berusaha meriah pole position untuk memenangkan grand prize dengan total hadiah uang tunai jutaan rupiah beserta bingkisan khusus yang disiapkan oleh Panitia Dies Natalies.

Dan, tidak kalah meriah, ratusan audience dari berbagai kalangan juga ikut memeriahkan lomba melalui siaran Live di Youtube.

Rangkaian kegiatan lomba speech dilakukan selama 2 minggu yang diawali dengan proses seleksi online melalui rekaman video yang di upload di YouTube. Dari sekian banyak siswa yang mendaftar, terpilihlah 4 finalis yang diundang untuk menyampaikan pidato secara Live di depan juri dalam acara Grand Final English Speech Competition yang dilaksanakan di venue yang telah disiapkan di Laboratorium Komunikasi UNISRI.

Acara grand final di pandu langsung oleh Satria Rizaldi Alchatib, Dosen Prodi Hubungan Internasional UNISRI selaku MC dan Moderator. 𝙳𝚎𝚗𝚐𝚊𝚗 menghadirkan Untari Narulitas Madyar Dewi, Dosen Prodi Hubungan Internasional beserta Lukas Maserona Sarunggu dan Fikriana Mahar Rizqi, Dosen Prodi Ilmu Komunikasi, 𝚜𝚎𝚕𝚊𝚔𝚞 dewan juri.

Puncak acara Grand Final English Speech Competition menggunakan format pidato individual selama 4-5 menit yang kemudian dilanjutkan dengan Question & Answer (Q&A) antara kontestan dengan salah satu dewan juri.

Diakhir sesi, dewan juri melakukan deliberasi selama 10 menit untuk penghitungan skor dan penentuan juara 1, runner up pertama, kedua, dan ketiga.
Pidato pertama disampaikan oleh Roseana Agil Safitri dengan pemaparan yang berjudul How to Create A Golden Generation in Digital Era yang ditanggapi oleh Untari Narulita yang mengajak kontestan berdiskusi seputar tips menaikkan trend penggunaan media sosial untuk kegiatan positif dikalangan Gen-Z. Tak kalah antusias, melalui pidato yang berjudul The Significance of Digital Education for Gen-Z, kontestan kedua Nirina Putri Ramadhani antusias berdiskusi mengenai karakteristik Gen-Z dalam memahami media sosial dengan Lukas Maserona dalam sesi Q&A .

Sebagai kontestan ketiga, Riza Octaviani melalui pidatonya yang berjudul Modern Education and Its Impact in Building Gen-Z’s Mentality mendapat kesempatan berdiskusi dengan Fikriana Mahar Rizqi terkait cara Gen-Z dalam menggapai mimpi dan eksistensi melalui sosial media. Menggunakan gaya story telling dalam pemaparannya, kontestan terakhir, Janise Swaputri Mahamemadanda berhasil mencuri perhatian dewan juri melalui pidatonya yang bertema Gen-Z and the Importance of Character Education in Digital Era.

Janis berdiskusi dengan Lukas Maserona mengenai cara terbaik bagi Gen-Z dalam mengidentifikasi potensi diri melalui hobby yang dipraktekkan secara konsisten dan disiplin yang berpengaruh besar pada mentalitas belajar di sekolah maupun di lingkungan sekitar.

Acara puncak Grand Final English Speech Competition ditutup dengan penyerahan hadiah uang tunai beserta merchandise dan kenang kenangan dari Dewan Juri. Dengan margin yang meyakinkan, English Speech Contest Dies Natalies UNISRI ke-42 dimenangkan oleh Janise Swaputri Mahemadanda dengan urutan penilaian sebagai berikut:
Juara 1: Janise Swaputri Mahemadanda, Juara 2: Riza Octaviani – Juara Harapan 1: Roseana Agil Safitri, Juara Harapan 2: Nirina Putri Ramadhani

Selanjutnya, segenap jajaran panitia beserta crew yang bertugas dalam acara English Speech Contest -Dies Natalies 42 UNISRI mengucapkan apresiasi yang sebesar besarnya kepada seluruh peserta yang telah mendaftar secara online, grand finalis yang telah hadir dan memberikan performa terbaik, beserta pihak sekolah yang telah bekerjasama dengan baik sehingga acara grand final berjalan dengan sangat baik.

Melalui event ini, diharapkan semakin banyak kaum muda dengan jiwa kompetisi yang tinggi dalam di era digital dan tentunya menjadikan UNISRI sebagai mitra dalam meraih masa depan. (*/ian) 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.