Sekilas Persami Gugus Depan 04.099 – 04.100 Pangkalan SMP Negeri 8 Surakarta

Oleh : Sri Suprapti, Sie Publikasi SMP Negeri 8 Surakarta

JATENGONLINE, SOLO – Gerakan Pramuka sebagai organisasi kepanduan yang membantu Pemerintah dan Masyarakat dalam melaksanakan pembangunan di bidang Pendidikan di luar Lingkungan Sekolah, dengan tujuan mendidik siswa sebagai generasi bangsa dengan prinsip-prinsip dasar metodik Pendidikan Kepramukaan yang pelaksanaannya diserahkan dengan keadaan, kepentingan dan perkembangan Bangsa.

Gerakan Pramuka dalam ruang lingkup Gugus Depan berupaya mencetak generasi yang tangguh, mempererat hubungan yang harmonis antar regu. Tentunya perlu dilaksanakan suatu kegiatan yang menantang sebagai bekal kedisiplinan dan sekaligus evaluasi latihan yang dapat membekali anggota Pramuka dalam kegiatan yang positif. Oleh karena itu sangat dibutuhkan kegiatan untuk membangun sikap sesuai dengan Dwi Satya, Dwi Dharma, Tri Satya dan Dasa Dharma.

Kegiatan Persami sebagai salah satu dari kegiatan Kepramukaan turut serta mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. Juga sebagai pembentukan karakter kepemimpinan siswa. Sehingga ke depan anak-anak mampu menerapkan dalam kehidupan bermasyarakat, berpedoman pada Kode Kehormatan, yaitu Tri Satya dan Dasa Dharma.

Kegiatan Persami Gugus Depan 04.099 – 04.100 Pangkalan SMP Negeri 8 Surakarta dibawah pimpinan Triad Suparman, M.Pd. tahun pelajaran 2021/2022 diikuti oleh 219 peserta kelas 7, DG, DG Purna dan Alumni, dan didampingi oleh Bapak / Ibu Pembina. Persami untuk kali ini dilakukan pada tanggal 11 – 12 Juni 2022 di SMP Negeri 8 Surakarta, dengan tetap menjaga protocol kesehatan. Persami Gugus Depan 04.099 – 04.100 Pangkalan SMP Negeri 8 Surakarta ini dibuka langsung oleh Kamabigus, Triad Suparman, M.Pd.pada hari Sabtu, 11 Juni 2022 pukul 08.00 WIB. Tujuan diadakan kemah ini adalah menggalang persatuan dan kesatuan antaraa sesama anggota sebagai wadah pertemuan dan silaturahmi dalam mempererat persaudaraan dan mempersiapkan mental dan kepribadian anggota Pramuka.

Selain itu tujuan kegiatan Persami yang diikuti oleh peserta dari anggota Pramuka SMP Negeri 8 Surakarta adalah agar terbinanya mental dan disiplin di dalam kehidupan masing-masing, melatih untuk selalu hidup berlomba-lomba dalam kebaikan dan perbuatan positif yang membangkitkan semangat serta berkembangnya pengetahuan dan keterampilan serta pengalaman yang didapat oleh Pramuka Penggalang.

Kepala Sekolah Triad Suparman, M.Pd. menyampaikan dalam pembukaan bahwa melalui kegiatan Persami ini dapat memunculkan kreasi dan inovasi yang mengarah kepada proyeksi masa depan serta memproduktivitas dan prestasi yang optimal. Sebagai modal guna menghadapi berbagai bentuk ancaman, gangguan, hambatan dan tantangan serta permasalahan yang mungkin timbul di masa mendatang yang terus bergerak seiring dengan kemajuan di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Hal ini dapat dijadikan sebagai sarana dan semangat dalam mencapai tujuan pembinaan generasi muda yang mampu membangkitkan kembali sarana kebersamaan untuk menumbuhkan semangat juang dan bela negara secara dini.

Menurut Ketua Gudep Pa 04.099 ( Ketua Panitia Persami ) Rory Khoorudin, M.Pd. bahwa Perkemahan Sabtu Minggu ( Persami ) yang diselenggarakan ini mengambil tema “ Melalui Gerakan Pramuka, kita wujudkan bangsa yang Berkarakter dan Bermartabat”. Karena usia siswa dalam tingkatan pramuka penggalang merupakan saat yang tepat untuk pembentukan karakter yang baik pada anak. Karakter baik yang dimaksud antara lain watak, kepribadian dan akhlak mulia. Selain bermanfaat dalam pembentukan karakter baik, kegiatan Persami Pramuka akan bermanfaat untuk melatih keterampilan motorik siswa. Gerakan Pramuka sesungguhnya merupakan wahana mempersiapkan dan mewujudkan generasi masa depan bangsa yang berkarakter dan bermartabat.

Rangkaian kegiatan peserta akan melatih ketangkasan fisik serta melatih kecakapan motorik siswa. Ketangkasan fisik dan keterampilan motorik akan menunjang proses belajar siswa dalam kegiatan intrakurikuler dan kokurikuler. Muaranya adalah prestasi akademik dan non akademik yang memuaskan.

Melalui kegiatan Persami akan terbentuk nilai-nilai agamis, cinta tanah air, sopan santun, disiplin waktu dan patuh pada Guru dan Orang Tua. Rangkaian kegiatan yaitu pembukaan, Dinamika kelompok, materi sandi morse, bendera peluit, semaphore ( Dewan Penggalang ), api unggun yang dipimpin langsung oleh Waka Kesiswaan Prico Diana Dewi, S.Pd.,MH., outbond atau menjelajah ( Mahasiswa UNS ), Refleksi oleh Rory Khoirudin, M.Pd., dan Wiwin Andriyanto, S.Pd. Tampak suasana penuh kegembiraan dari wajah para peserta Persami. Antusiasme dan semangat para peserta saat menerima materi pengetahuan dan keterampilan.

Harapan Kepala Sekolah, Triad Suparman, M.Pd. agar anggota Pramuka SMP Negeri 8 Surakarta sebagai generasi penerus perjuangan bangsa, harus sudah siap untuk menyongsong masa depan pembangunan dengan cara ikut serta berperan aktif, kreatif dan inovatif serta semua sisi dan gerak dinamika pembanguan. Pembinaan dalam gerakan Pramuka mengajarkan kebesamaan, kedisiplinan serta semangat pantang menyerah harus terus dipupuk sebagai wadah pembentukan semangat nasionalisme dan patriotisme.

Dengan demikian diharapkan melalui gerakan Pramuka akan terwujud generasi muda masa depan bangsa yang berkarakter dan bermartabat. Sesuai tema ini, bekerja untuk kaum muda, mewariskan yang terbaik bagi bangsa. Mari terus menggelorakan semangat pramuka, mengamalkan nilai-nilai Tri satya dan Dharma Pramuka. Ciptakan rasa persaudaraan, kerukunan, dan saling menghargai dengan semboyan: satu Pramuka untuk satu Indonesia, Jayalah Negriku. Satyaku kudharmakan, dharmaku kubaktikan.

Semoga dengan adanya kegiatan Persami ini Siswa bisa mengambil manfaatnya antara lain : melatih kemandirian, kedisplininan, kerjasama dan gotong royong dengan sesama anggota kelompok, meningkatkan kepedulian terhadap sesama, belajar mencintai alam, melatih kepemimpinan dan kreativitas, belajar berorganisasi dan belajar bertanggung jawab, melatih sportivitas, mempererat tali persahabatan.

Demikain manfaat penting yang hendak dipetik dalam kegiatan Persami bagi Pramuka Penggalang. Tentunya masih banyak manfaat lain yang dapat digali dan dipetik dalam kegiatan Persami. Semoga tetap semangat selalu dalam melaksanakan setiap kegiatannya dan semoga bermanfaat bagi diri pribadi dan orang lain. Setelah selesai acara outbond atau menjelajah, peserta Persami mengumpulkan beras yang dibawa dari rumah per anak / 1 gelas, kemudian saat bersih-bersih sebelum upacara penutupan, perwakilan Persami menyampaikan ( bakti sosial ) ke lingkungan sekitar.

Persami Gugus Depan 04.099 – 04.100 Pangkalan SMP Negeri 8 Surakarta berakhir hari Minggu, 12 Juni 2022 pukul 15.00 WIB. dengan penutupan oleh Muji Widodo, S.Pd.Fis. dan diakhiri dengan Sayonara. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.