Sandal Tak Optimal Lindungi Kaki Saat Berkendara Motor

JATENGONLINE, SEMARANG – Senior Instruktur Astra Motor Jateng, Oke Desiyanto menyampaikan, bahwa sebenarnya fungsi sandal yang utama hanya sebatas pada perlindungan alas kaki, berbeda dengan sepatu yang dapat melindungi kaki lebih optimal karena mampu menutupi semua bagian mulai dari jari jemari, punggung kaki hingga bagian tumit yang difungsikan untuk melindungi kaki dari kotoran berupa debu, kerikil, atau bahkan lumpur dan benda keras lainnya.

Bila pengguna mobil, lanjut Oke Desiyanto, dapat terlindung dari benturan langsung karena dilindungi oleh badan mobil (cangkang), pengendara motor hanya mengandalkan perlengkapan berkendaranya untuk melindungi badan dari benturan langsung, dengan melihat fungsi sandal yang melindungi alas kaki saja, tentunya sandal tidak termasuk perlengkapan berkendara yang aman.

“Dalam berkendara dianjurkan menggunakan perlengkapan berkendara yang sesuai dan optimal melindungi diri dari cidera. Utamakan #Cari_Aman demi mencegah terjadinya kecelakaan atau cedera pada tubuh. Gunakan perlengkapan berkendara yang lengkap untuk perlindungan tubuh lebih optimal,” ujar Oke.

Menggunakan sepatu akan jauh lebih baik dalam hal perlindungan kaki saat berkendara, itupun disarankan agar memilih sepatu tanpa temali agar meminimalkan kejadian tersangkut atau sepatu lepas sehingga potensi bahaya yang lain tidak terjadi. (*/ian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.