SMPN 8 Surakarta Gelar Kelulusan & Pelepasan Peserta Didik Kelas IX Tahun Pelajaran 2021/2022

Oleh : Sri Suprapti, Sie Publikasi SMP Negeri 8 Surakarta.

JATENGONLINE, SOLO – Kepala SMP Negeri 8 Surakarta, Triad Suparman, M.Pd. pada hari ini Rabu (15/6/2022) pada pukul 15.00 WIB kembali melaksanakan agenda rutin tahunnya yaitu mengadakan acara kelulusan dan pelepasan Peserta Didik kelas IX di Ruang Aula SMP Negeri 8 Surakarta. Agenda ini sempat terhenti selama dua tahun dikarenakan Pandemi Covid-19.

Syukur Alhamdulillah pada tahun ini pandemi mulai mereda. Pada tahun 2022 ini kegiatan kelulusan dan pelepasan Peserta Didk kelas IX dilaksanakan virtual. Acara kelulusan dan pelepasan kembali dilakukan mulai pukul 15.00 sampai 16.10 WIB untuk kelas IX A sampai IX H Tahun Pelajaran 2021/2022.

Acara kelulusan dan pelepasan dimulai dengan pembukaan yang dipimpin oleh Pembawa Acara Siti Martabatul Aliyah, S.Pd. dan Ch. Endah Setyowati, S.Pd. dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars SMP Negeri 8 Surakarta, sebagai Diregent Thalitha kelas 7 E.

Kemudian pembacaan doa yang dipimpin oleh Abdullah Yusuf, S.Pd.I. (Guru Agama Islam SMP Negeri 8 Surakarta).
Tema dari kelulusan dan pelepasan ini adalah “Tetap Berprestasi Di Masa Pandemi Covid-19” Dampak pandemi virus corona membuat system pembelajaran berganti, dari pembelajaran tatap muka menjadi pembelajaran online.

Salah satu akibat dari pembelajaran online adalah tidak banyak Peserta Didik yang mampu mendapatkan nilai terbaik. Nilai kadang anjlok bahkan ada Peserta Didik yang berpotensi harus melakukan remidi.

“Kita harus menyadari bahwa pandemi ini menguji mental kita sebagai generasi penerus bangsa yang unggul. Kita hanya bisa berharap semoga besok keadaan sudah lebih baik, ” Laporan dari Ketua Panitia yang disampaikan oleh Waka Kesiswaan SMP Negeri 8 Surakarta, Prico Diana Dewi, S.Pd. MH., arti pelepasan bagi Orang Tua, Sekolah, dan Peserta Didik.

Dan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah bekerja sama tanpa kenal lelah, hingga berhasilnya proses pendidikan ini. Terakhir ucapan maaf apabila dalam pembelajaran melakukan kesalahan dan apabila tidak dapat menyelenggarakan acara seperti yang diharapkan, terlebih apabila dibandingkan sebelum pandemi.

Dilanjutkan dengan laporan dari Waka Kurikulum yang diwakili oleh Partini, S.Psi. antara lain menyampaikan bahwa Peserta Didik kelas IX Tahun Pelajaran 2021/2022 terdiri dari 122 Peserta Didik Putra dan 128 Peserta Didik Putri telah mengikuti Ujian Sekolah / UJIAN Sekolah Berstandart Nasional dan Ujian Susulan.

Disampaikan juga tentang kriteria kelulusan dan daftar nilai mata pelajaran yang diujikan.

Peringakat 10 besar paralel kelas IX yaitu : 1) Chelyna Puma Aprillya 2) Amaranggana Pramudita W. 3) Nazilatul Nisfiyah 4) Meilina Nadhifah Raraningrum 5) Maria Rosari Gustya Karisti 6) Handika Dhimas Sri Cahyanto 7) Erviana Sudjiyanti 8) Vedru Rosadi Kusuma 9) Aditya Daffa Agata 10) Nashita Ardrilia Soleha.

Kepala SMP Negeri 8 Surakarta, Triad Suparman, M.Pd. dalam sambutannya memberikan pesan kepada alumni agar dapat melanjutkan tahapan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi sebagai bekal untuk terus belajar sehingga dapat menjawab tantangan zaman yang kian komplek, dapat melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi berusaha meraih cita-citanya. Tantangan akan semakin berat ke depan, terus berusaha belajar.

Kepada Bapak / Ibu Guru juga ucapan tak terhingga yang telah mentransformasikan ilmunya kepada Peserta Didik. Dan juga memberikan apresiasi kepada Orang Tua Peserta Didk yang telah mempercayakan anaknya mendapatkan sumber pelajaran yang telah di tetapkan di SMP Negeri 8 Surakarta.

Nasehat tiada henti disampaikan kepada 250 Peserta Didik yang lulus agar menjadi insan yang berkualitas.

Sambutan dari Komite Sekolah, Drs. Suharno, Akt., Ucapan selamat dan sukses epada Peserta Didik yang sudah lulus, turut bahagia kepada Bapak / Ibu Orang Tua yang telah mengantarkan anak-anaknya sampai berhasil, Ucapan terima kasih kepada Bapak /Ibu Guru yang telah membimbing Peserta Didik sampai lulus.

“Aja lali dadi wong Jawa” banggalah menjadi orang Jawa, berkepribadian teguh, yang hebat dan luar biasa,” ujarnya.

Pada kesempatan ini, tak luput Perwakilan dari Orang Tua Peserta Didik sekaligus Ketua Panitia, Ernawati, S.Pd. pada kesempatan ini menyampaikan langsung kepada Sie Publikasi, ucapan terima kasih kepada pihak SMP Negeri 8 Surakarta, yang telah membimbing dan membekali anak-anak sehingga dapat menuntaskan jenjang pendidikan SMP.

“Anak kami mendapatkan pengetahuan melalui pendidikan yang didapatkan di sekolah, sekaligus permohonan maaf kepada semua Guru, apabila ada tingkah dan perbuatan anak- anak yang kurang berkenan pada Bapak Ibu Guru,” katanya.

Penyerahan kembali Peserta Didik kelas IX Tahun Pelajaran 2021/ 2022 dilakukan oleh Kepala Sekolah kepada Ketua Komite, Dilanjutkan sambutan yang dimulai oleh Kepala SMP Negeri 8 Surakarta, Triad Suparman, M.Pd.

Tepat pukul 15.30 WIB menyampaikan pengumuman kelulusan. Melalui rapat penegas kelulusan dewan yuri dan disampaikan berdasarkan syarat kelulusan yang tertuang dalam kurikulum bahwa tahun ini kelas IX dinyatakan lulus 100 %.
Pemberian kenang-kenangan untuk Peserta Didik yang berprestasi (10 besar paralel sekolah) dilanjutkan pengalungan samir untuk Peserta Didk berprestasi, diiukti oleh seluruh wisudawan.

Dilanjutkan penyerahan kembali Peserta Didik kepada Orang Tua ( Kepala Sekolah diterima oleh Ketua Komite ). Acara berikutnya kata pamitan dari wakil Peserta Didk Kelas IX oleh Ramaditya Nadjawi kelas IX D ( Ketua OSIS Tahun Pelajaran 2020/2021). Ucapan selamat jalan dari perwakilan Peserta Didk kelas VII dan VIII oleh Thalitha ( Ketua OSIS tahun pelajaran 2021/2022 ) didampingi oleh Adiputra Aryasena kelas VII B dan Gravida kelas VII H,
Rangkaian acara diisi kreatifitas Peserta Didk membawakan lagu: Maria Rosari ( Juara 20 Besar Nasional Cover Solo Vokal Lagu Pelajar Pancasila ), Terima Kasihku, Wiwit Aku Isih Bayi, Syukur, Doa Untuk Anak Negeri ( Paduan Suara SMP Negeri 8 Surakarta ).

Acara berakhir pada pukul 16.10 WIB dengan foto bersama para Wisudawan dengan masing-masing Wali Kelas. Semoga kegiatan kelulusan dan pelepasan ini bisa menjadi penguat tali sirahturahmi dan menjadi kenangan indah untuk para Peserta Didik kelas IX Tahun Pelajaran 2021/2022. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.