KKN-T 18 Unisri Mengadakan Bimbel Membaca Untuk Anak SD Desa Munggur

JATENGONLINE, KARANGANYAR – Membaca merupakan salah satu jenis keterampilan berbahasa ragam tulis yang bersifat reseptif. Keterampilan membaca dapat dikembangkan secara tersendiri, terpisah dari keterampilan menyimak dan berbicara.

Tetapi, pada masyarakat yang memiliki tradisi literasi yang telah berkembang, sering kali keterampilan membaca dikembangkan secara terintegrasi dengan keterampilan menyimak dan berbicara.

Untuk menciptakan generasi yang cerdas dan berakhlak baik, Mahasiswi Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) Universitas Slamet Riyadi Surakarta (UNISRI) kelompok 18 khususnya Nanda Wahayu Mursyidiyana mengadakan Bimbingan Belajar (Bimbel) Membaca bekerja sama dengan SD N 01 Munggur dan SDN 03 Munggur, Kecamatan Mojogedang, Kabupaten Karanganyar, Provinsi Jawa Tengah.

“Bimbingan Membaca ini untuk mengembangkan minat baca anak – anak di desa Munggur, karena masih banyaknya anak – anak sd yang belum bisa membaca khususnya kelas 1, ada pula dari kelas 3 yang belum bisa membaca,” ujar Nanda Wahayu Mursyidiyana.

Adapun kegiatan dilakukan pada setiap hari Senin dan hari Kamis, pukul 12.45 dengan durasi 1 jam, di ikuti oleh anak – anak SDN 01 dan SDN 03 Munggur, imbuh Nanda.

Kegiatan bimbingan belajar membaca ini dilaksanakan di balai desa Munggur. Program ini dilakukan tiga kali selama pelaksanaan KKN. Anak-anak sangat antusias akan pengetahuan mengenai keterampilan membaca ini. Disinilah ditanam kesadaran pentingnya mempelajari keterampilan membaca.

Sehingga dengan mempelajari keterampilan membaca mereka dapat menambah pengetahuan, yakni dengan membaca dapat menemukan berbagai informasi yang sangat berguna dalam rangka mengembangkan wawasan dan ilmu pengetahuan pada diri seseorang.

Agar anak – anak tidak bosan diakhir bimbel selalu diadakan kuis yang berisi soal dengan cara menyusun kata, kemudian Anak – anak diminta untuk membacanya, Kemudian Anak yang bisa menjawab dengan benar akan mendapatkan hadiah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.