KKN Unisri Kelompok 30 Mengadakan Sosialisasi KDRT Desa Krendowahono Dusun Pilangrejo

JATENGONLINE, KARANGANYAR – Setiap mahasiswa yang mengambil Kuliah Kerja Nyata (KKN) diwajibkan membuat Program Kerja yang sesuai dengan jurusan masing-masing.

Diharap dengan kegiatan tersebut, mahasiswa dapat mengaplikasikan ilmu yang didapat selama masa studi di bangku kuliah ke dalam masyarakat.

Adapun mahasiswi KKN Kelompok 30 Universitas Slamet Riyadi dari Fakultas Hukum, prodi Ilmu Hukum, Rina Merry Astuti yang melaksanakan Program Kerja dengan tema “Sosialisasi Tentang Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT)” yang bekerja sama dengan Ibu-ibu PKK dusun Pilangrejo, desa Krendowahono, Kecamatan Gondangrejo Karanganyar. Minggu (31/7/ 2022)

Menurut Undang-Undang No 23 Tahun 2004 tentang KDRT, Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) adalah setiap perbuatan terhadap seseorang terutama perempuan, yang berakibat timbulnya kesengsaraan atau penderitaan secara fisik, seksual, psikologis, dan/atau penelantaran rumah tangga termasuk ancaman untuk melakukan perbuatan, pemaksaan, atau perampasan kemerdekaan secara melawan hukum.

“Sangat penting untuk meningkatkan kesadaran akan nilai dalam menciptakan sebuah keluarga tanpa perlu adanya kekerasan di dalamnya,” papar Merry

Karena, lanjutnya, meskipun secara tegas dilarang oleh hukum, kekerasan dalam rumah tangga masih sering dilakukan dalam lingkungan keluarga.

Lewat sosialisasi KDRT ini, bertujuan untuk diharapkan ibu-ibu PKK mengetahui apa saja faktor penyebab KDRT, apa saja dampak akibat dari KDRT, dan mengerti bagaimana cara-cara penanggulangan KDRT, serta yang perlu dilakukan apabila mengetahui perilaku KDRT di lingkungan mereka, yakni dengan menyemangati, mendampingi korban dan mengingatkan bahwa berdasarkan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2004, setiap korban kekerasan dalam rumah tangga berhak mendapatkan perlindungan hukum. (ery/ian) 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.