Unisri Beri Pelatihan dan Pendampingan Wayang Orang Sriwedari

Sejumlah panitia dan perserta berfoto bersama usai mengikuti lokakarya di Gedung ASGA Surakarta, Sabtu dan Minggu (13-14/8/2022)

JATENGONLINE, SOLO – Manajemen usaha pertunjukan Wayang Orang Sriwedari yang professional dan berintegritas menjadi tema dalam lokakarya yang diselenggarakan Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta.

Lokakarya selama dua hari, Sabtu dan Minggu (13-14/8/2022), yang digelar di Gedung ASGA (Akademi Seni Mangkunegaran) Surakarta, diikuti 30 peserta dari unsur pengelola Wayang Orang Sriwedari, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Surakarta, dan Perwakilan pemain wayang orang Sriwedari.

Dalam workshop dan pendampingan yang dibiayai dari dana hibah Dikti itu menghadirkan nara sumber kompeten dan ahli di bidangnya, yakni akademisi dari UNS Surakarta BRM Bambang MSi, pakar akutansi UNS Prof DR Rahmawati, budayawan sekaligus praktisi Seno Hadi Sumitro MAg, serta Kabid Perindustrian Dinas Koperasi, UKM, dan Perindustrian Kota Surakarta Bambang Yunianto MM.

Ketua Matching Fund 2022 dari Unisri Surakarta, Siti Supeni mengatakan, latar belakang lokakarya adalah untuk mewujudkan Wayang Orang Sriwedari bertata kelola baik, memiliki media promosi digital yang mampu mempromosikan WO, dan memiliki manajemen pengelolaan sarana dan prasarana yang baik.

“Loka karya juga bertujuan untuk pemberdayaan para mahasiswa dan dosen dalam mendampingi. Implementasi itu perlu dilaksanakan dengan cara yang sistematis dan terukur,” kata Siti Supeni.

Ada pun luaran dari workshop, pelatihan dan pendampingan manajeme pertunjukan itu adalah manajemen usaha Wayang Orang Sriwedari yang professional dan berintegritas, pengelolaan keuangan Gedung Wayang Orang yang akuntable dan transparan.

Ada pun metode pelaksanaannya adalah pelatihan dan praktek manajemen usaha, praktik pengelolaan keuangan, dan pembinaan SDM Wayang Orang / WO Sriwedari. (*/ian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.