Masa Perbaikan Verifikasi Administrasi Keanggotaan , KPU Sukoharjo Lakukan Koordinasi dengan Parpol

JATENGONLINE, SUKOHARJO – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sukoharjo melakukan koordinasi dengan seluruh partai politik atau parpol calon peserta Pemilu 2024 terkait masa perbaikan dan penyampaian dokumen persyaratan perbaikan oleh parpol dan persiapan verifikasi administrasi perbaikan.

Sesuai dengan Keputusan KPU Nomor 346/2022 tentang Perubahan Ketiga atas Keputusan Komisi Pemilihan Umum Nomor 260 Tahun 2022 tentang Pedoman Teknis Bagi Komisi Pemilihan Umum, Komisi Pemilihan Umum Provinsi, dan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten/Kota Dalam Pelaksanaan Pendaftaran, Verifikasi dane Penetapan Partai Politik Peserta Pemilihan Umum Anggota Dewan Perwakilan Rakyat dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah, masa perbaikan dan penyampaian dokumen persyaratan dijadwalkan pada 15-28 September 2022.

Rapat koordinasi digelar di Hotel Brother Solo Baru, Rabu (21/09/22), dibuka Ketua KPU Sukoharjo Nuril Huda didampingi Anggota Syakbani Eko Raharjo, Cecep Choirul Sholeh, Ita Efiyati dan Suci Handayani.

Nuril mengatakan jika proses perbaikan verifikasi administrasi dalam tahapan perbaikan menjadi proses dan kesempatan bagi partai politik untuk melengkapi, sehingga target parpol saat verifikasid administrasi bisa tercapai.

Ia juga kembali mengingatkan jika helpdesk KPU Sukoharjo buka 24 jam sampai proses penetapan partai politik peserta Pemilu 2024 diharapkan parpol bisa memanfaatkannya.

Anggota KPU Divisi Teknik Penyelenggara Syakbani Eko Raharjo selaku narasumber menyampaikan informasi-informasi dalam keputusan KPU Nomor 346/2022. Di antaranya masa perbaikan dan penyampaian dokumen persyaratan oleh parpol melalui Sistem Informasi Partai Politik (Sipol) dijadwalkan 15-28 September 2022.

KPU memberikan kesempatan parpol melakukan perbaikan terhadap hasil BMS (Belum Memenuhi Syarat).

KPU RI akan melakukan verifikasi administrasi terhadap dokumen persyaratan perbaikan pada 29 September sampai 12 Oktober 2022. Sementara, KPU Kabupaten Sukoharjo melakukan verifikasi administrasi dokumen persyaratan perbaikan keanggotaan hasil perbaikan. Pada tanggal 1 sampai 9 Oktober 2022.

Tindaklanjut hasil verifikasi administrasi oleh parpol terhadap dugaan keanggotaan ganda dan keanggotaan yang berpotensi tidak memenuhi syarat keanggotaan pada 2-5 Oktober 2022.

Dalam waktu yang sama KPU Sukoharjo menerima hasil tindak lanjut terhadap dugaan keanggotaan ganda dan
keanggotaan yang berpotensi tidak memenuhi syarat dari parpol.

Kemudian pada tanggal 6-9 Oktober 2022, KPU Sukoharjo melakukan verifikasi terhadap surat pernyataan dugaan keanggotaan ganda dan keanggotaan berpotensi belum memenuhi syarat dari
parpol. Terhadap keanggotaan parpol yang belum dapat ditentukan statusnya, KPU Sukoharjo akan melakukan klarifikasi secara langsung pada 6-9 Oktober 2022.

Selanjutnya, tanggal 10 Oktober 2022 KPU
Sukoharjo akan menyampaikan hasil verifikasi administrasi dokumen persyaratan perbaikan keanggotaan parpol kepada KPU Provinsi.

Ketua Bawaslu Sukoharjo Bambang Muryanto hadir , juga perwakilan dari PAN, Partai Buruh, PDI Perjuangan, Partai Demokrat, Partai Garuda, Partai Gelora,Partai Gerindra, Partai Golkar, Partai Hanura, PKS, PKB, PKN, Partai Nasdem, PPP, Partai Prima, Partai Republik, dan Perindo. (*/ian) 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *