Antusias Jamaah Masjid Darussalam Jayengan Dalam Program Kegiatan Donor Darah dan Cek Kesehatan

JATENGONLINE, SOLO – Bersedekah, itu tidak hanya dengan uang dan harta, tetapi sedekah yang paling ringan adalah dengan tersenyum kepada orang yang perlu diajak interaksi komunikasi.

Di samping itu, sedekah lain yang dianggap berharga dan membawa manfaat kepada orang lain juga adalah donor darah. Karena, dengan donor darah akan memperoleh manfaat seperti menurunkan penyakit jantung dan pembuluh darah, menurunkan resiko kanker, menurunkan berat badan, mendeteksi penyakit serius, membuat lebih sehat secara psikologis, dan memperpanjang usia.

Jamaah masjid Darussalam dan komunitas warga sangat antusias dengan kegiatan donor darah ini, yang dimotori oleh Yayasan Darussalam Surakarta bekerja sama dengan Takmir Masjid Darussalam dan Palang Merah Indonesia (PMI) cabang Surakarta.

Kegiatan donor darah ini dilaksanakan pada Jumat (23/9/2022), setelah sholat Jumat di ruang Taman Kanak-kanak (TK) Darussalam. Banyak jamaah berjubel mengambil nomor antrian untuk mendaftar.

“Selain, donor darah, ada juga cek kesehatan dan konsultasi gizi oleh dokter Oki, dari RS dr. Moewardi Surakarta. Cek kesehatan ini gratis, yaitu cek gula darah, kolesterol, dan asam urat,” ujar Noor Cholish, Plt. Ketua Yayasan Darussalam Surakarta.

Dari nomor antrian yang disiapkan, ada sekitar 24 yang beredar. Mereka rela mengantri untuk memeriksakan keadaan kesehatannya dan berkonsultasi langsung dengan dokter yang bertugas.

 

Cek kesehatan, untuk pria dan wanita, banyak jamaah sholat Jumat yang masih berkain sarung ikut mengantri cek up kesehatan dan donor darah.

Warga yang sudah melakukan cek up kesehatan dan tahu hasilnya merasa puas, ada pula yang terkejut, karena hasil yang dilihat di atas ambang normal. Bahkan ada pula yang di bawah ambang normal.

Donor darah yang dilakukan oleh PMI hanya menghimbau untuk golongan darah A, B, dan AB saja, sedangkan golongan darah O tidak dilakukan, karena stok persediaan darah di PMI Surakarta sudah tersedia 4000 kantong, begitu pesan singkat yang disampaikan oleh Petugas dari PMI.

Yang sudah melakukan cek kesehatan dapat membawa pulang hasilnya, termasuk yang sudah mendonorkan darahnya diberikan satu kantong makanan Snack dan minuman penambah gizi, serta kartu identitas golongan darah.

Alhamdulillah, kegiatan ini berjalan lancar dan penuh kesan. Mereka semangat untuk sehat dan beribadah.

Kegiatan donor darah dan cek kesehatan ini, adalah langkah awal dan respon jamaah serta masyarakat, yang insya Allah dalam waktu dekat akan didirikannya Balai Pengobatan Darussalam oleh Yayasan Darussalam Surakarta. (*/ian) 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *