BISNIS EKONOMINASIONALPERNIKPOLITIK

YF Sukasno: Setuju Saripetojo Dibangun Hotel

Eks SariPetojo Solo

JO, Solo – Rencana pembangunan hotel dan restoran di atas lahan bekas pabrik es Saripetojo mendapatkan reaksi dari berbagai pihak. Salah satunya, Ketua DPRD kota Solo YF Sukasno. Terkait rencana pembangunan restoran oleh Perusda Citra Mandiri, Sukasno sependapat dengan rencana tersebut.

“Saya berbicara pada ruang Rencana Tata Ruang Tata Wilayah (RTRW). Sesuai dengan zona yang ada disana sesuai dengan peruntukannya,” katanya kepada wartawan, Senin (2/4/2012). Menurutnya, di kawasan Saripetojo, sesuai dengan Perda RTRW, kawasan tersebut masuk dalam zona perdagangan dan jasa.

Salah satu alternatif dengan membangun hotel dan restoran di atas lahan seluas 1,4 hektar tersebut merupakan langkah yang bijak. Sebab, jika dibangun mall seperti yang pernah mereka rencanakan tahun lalu, bertentangan dengan Perda No  5/2011 tentang Penataan dan Pembinaan Pusat Perbelanjaan dan Toko Modern.

“Kalau mall kan tidak bisa, jaraknya dengan pasar tradisional kurang dari 500 meter,” tambahnya. Selain itu, kajian mengenai cagar budaya terhadap bangunan Saripetojo tidak memungkinkan dibangunnya mall di tempat itu. Jadi, solusi yang paling tepat adalah dengan membangun hotel dan restoran.

Meski demikian, meskipun akan dibangun hotel dan restoran, Perusda juga harus memperhatikan konsep bangunannya lantaran masih termasuk dalam kategori benda cagar budaya. “Tapi saya yakin Pemkot pun tahu, RTRW di lahan itu batasannya sampai dimana,” terang Sukasno.  – tml