Pak Min: Komunikasi Penting Dalam Penjualan

Mindiarto Djugorahardjo.

JO, Solo – Tantangan terbesar yang harus dihadapi UMKM tidak hanya sekedar mencari pasar semata, namun juga mendongkrak penjualan.

“Strategi mendongkrak penjualan tersebut dari hilir yaitu menambah jaringan/distribusi baru, pelanggan, area/wilayah, cross selling, top up, full line selling/kelengkapan dan efektivitas.” papar Pak Min – Mindiarto Djugorahardjo.

Ditemui usai seminar yang berlangsung di Sidoluhur Room Aston Solo Hotel, Sabtu (11/4/2015), yang dihadiri oleh anggota AMA, Umum da0n Mahasiswa di Solo Raya serta undangan lainnya

Praktisi penjualan yang juga pengusaha ini, menambahkan, kalau kekacauan pasar dan perubahan radikal terus terjadi, banyak perusahaan ataupun UMKM gulung tikar tanpa sebab yang jelas ‘disapu’ perubahan pasar.

Menurutnya banyak sekali jajaran penjual dibekali dengan segudang pengetahuan produk, namun sangat minim dibekali ketrampilan komunikasi yang tepat, singkat, dan efektif.

Komunikasi dalam penjualan bukan sekedar menyampaikan program dan menawarkan produk, tetapi dituntut kemampuan menyampaikan program-program perusahaan, tentunya diperlukan ketrampilan dalam mendengarkan dengan baik. – ian

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *