Siasat Menang Bersaing di Era Digital

Pak Min

JO, Solo – Asosiasi Manajemen Indonesia (AMA) cabang Solo menggelar seminar bertajuk A-Z Sukses Dongkrak Penjualan dengan pembicara Mindiarto Djugorahardjo.

Praktisi penjualan yang juga pengusaha ini, menambahkan, kalau kekacauan pasar dan perubahan radikal terus terjadi, banyak perusahaan ataupun UMKM gulung tikar tanpa sebab yang jelas ‘disapu’ perubahan pasar.

Menurutnya banyak sekali jajaran penjual dibekali dengan segudang pengetahuan produk, namun sangat minim dibekali ketrampilan komunikasi yang tepat, singkat, dan efektif.

Komunikasi dalam penjualan bukan sekedar menyampaikan program dan menawarkan produk, tetapi dituntut kemampuan menyampaikan program-program perusahaan, tentunya diperlukan ketrampilan dalam mendengarkan dengan baik.

“Di era digital yang masuk ke berbagai aspek bisnis membuat pengelolaan wilayah penjualan bukan sebatas geografis. Namun ada aspek lain yang perlu menjadi bahan pertimbangan dalam penjualan antara lain persaingan pelanggan, teknologi yang pro pasar, dan kemampuan analisis dari data pelanggan,” jelas Pak Min. saat seminar yang berlangsung di Sidoluhur Room Aston Solo Hotel, Sabtu (11/4/2015) ini dihadiri oleh anggota AMA, Umum da0n Mahasiswa di Solo Raya serta undangan lainnya

Hal ini diperlukan bukan semata-mata untuk memperoleh penjualan, namun juga agar memenangkan persaingan yang dahsyat di era digital saat ini, tambahnya.

“Berikut cara cerdas memenangkan persaingan melalui manajemen wilayah dan waktu yaitu berdasarkan sejarah penjualan dan frekuensi kunjungan, melihat potensi pelanggan setiap produknya, tingkat persaingan produk dan kemampuan finansial,” katanya.

Selanjutnya, kata Pak Min, ada cara cerdas mengetahui kemampuan menyimpan stok inventori, kunjungan rutin salesmen pesaing dan penggunaan teknologi yang berbasis pro pasar. – ian

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *