Fakultas Ekonomi & MM Unisri Gelar Pengabdian Masyarakat

JO, Solo – Dalam rangka pelaksanaan Tri Darma Perguruan Tinggi, Tim Pengabdian Masyarakat Fakultas Ekonomi dan Magister Manajemen Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta, Rabu (22/4), bertempat di Aula Kecamatan Mondokan, Kabupaten Sragen, melaksanakan pelatihan Pengelolaan Usaha dan Pemasaran bagi pengurus Simpan Pinjam Perempuan (SPP) Binaan PNPM Mandiri Unit Pelaksana Kegiatan (UPK) Kecamatan Mondokan.

Ketua UPK Mondokan, Nugroho, ST, MM, menjelaskan kegiatan diikuti 40 pengurus SPP, dengan tujuan untuk meningkatkan motivasi wirausaha dan kapasitas pengelolaan usaha serta pemasaran. Binaan UPK Mondokan yang telah menerima dana bergulir, memiliki beragam macam usaha di sektor informal dan UKM, seperti penjahit, penjual kelontong, penjual asesoris burung, pengrajin tahu, pedagang pasar, dll.

Tim Pengabdian terdiri dari Dr. Alwi Suddin, memberikan materi motivasi dan pengembangan kreatifitas usaha. Menjadi wirausaha sukses bukan berangkat dari modal uang yang banyak, namun dari kemauan dan tekad yang kuat. “ Modal utama wirausaha ada tiga yaitu kerja keras, kerja cerdas dan kerja waras. Uang bukan segala-galanya, namun yang penting DUIT. Doa, Usaha, Ikhtiar dan Tawakal“ ungkapnya.

Pembicara kedua Dr. Djoko Suseno, Msi, menyampaikan materi strategi dan kiat pemasaran dan penjualan yang dikemas dalam bahasa sederhana dan membumi, sehingga dapat dipahami para peserta. Pembicara ketiga, Drs. Untung Sriwidodo, Msi, memberikan pembekalan pengelolaan keuangan dan pembukuan sederhana.

Sebagai pembicara terakhir, Dra. Ernawati, MM, menyampaikan materi FOCUS, dalam berwirausaha harus betul-betul mencurahkan tenaga dan pikiran untuk meningkatkan dan mengembangkan usaha. Namun FOCUS juga sebuah akronim dari Friendly menjadi wirausaha harus yang ramah dan grapyak, serta semanak, Optimis bahwa usahanya bisa berkembang, Calculation harus dengan perhitungan dalam setiap langkah, Unieq menciptakan sesuatu yang berbeda dari pesaing dan Spititual harus menyadarkan diri kepada Tuhan yang Maha Esa, selalu berdoa dan memohon bimbinganNya – yon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *