Gerakan Mahasiswa dan Counter Elite

Refleksi Hari Kebangkitan Nasional

JO, Solo – Membicarakan gerakan mahasiswa seharusnya tidak dilepaskan dari masyarakat yang menjadi basis awalnya. Aksi-aksi mahasiswa harus dibarengi upaya pemberdayaan masyarakat dan ditujukan untuk menyasar kepentingan rakyat banyak, bukan elite.

Ketika muncul slogan-slogan kerakyatan dalam aksi mahasiswa, ia tidak sekadar romantisme kelas menengah yang ingin menjadi dewa penolong rakyat miskin

Dalam konteks pelaku perubahan, hadirnya mahasiswa dalam tataran kehidupan demokrasi sebagai “agent of change” dapat dimaknai sebagai berikut, yaitu sebagai counter elit yang secara konsisten melakukan ”upaya paksa” bagi elit berkuasa agar berbuat apapun hanya demi kesejahteraan rakyat

Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama’ (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama’ (IPPNU) Surakarta dan Sukoharjo berencana mengadakan Dialog Publik Dalam Rangka Refleksi Hari Kebangkitan Nasional dengan tema “Reorientasi Gerakan Mahasiswa Untuk Kemakmuran Rakyat” Jumat 15 Mei 2015 di di RM. Dapur Ndeso Nogiri Mbak Yun Jl. Dr. Cipto Mangunkusumo 42 Mangkubumen Banjarsari.

Menurut Atsani Imam Ghazali, Ketua Penyelenggara Dialog Publik bahwa militansi kaum muda dalam melakukan pergerakan didasarkan pada konsolidasi demokrasi yang matang dan komplementer dengan sistem demokrasi yang berlaku dan telah diterima rakyat.

“Garis perjuangan tidak semata-mata berorientasi pada perebutan kekuasaan, tetapi mendorong untuk terjadinya sirkulasi elit secara reguler, sehat, fair dan jujur dengan tetap mengindahkan moral, sopan santun dan etika politik,” terangnya.

Perubahan yang dipelopori oleh mahasiswa, lanjut Putri Eka Kusuma, Sekretaris Penyelenggara, merupakan wujud dari bersatunya mahasiswa karena memiliki kepentingan yang sama (common interest) yaitu untuk memajukan Indonesia.

Kepentingan bersama tersebut akan semakin menjadi kekuatan yang besar jika diusung oleh mahasiswa yang memiliki komitmen moral yang tangguh serta tidak tergoda oleh godaan sesaat. – ian

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *