UKS Buka Prodi Lingkungan

JO, Solo – Tak banyak lembaga pendidikan yang membuka program studi teknik lingkungan. Di Solo, hanya Universitas Kristen Surakarta (UKS) yang membuka jurusan itu (S1). Padahal, permalasalahan lingkungan di Indonesia makin kompleks di tengah isu global warming, limbah, dan pencemaran.

“Program studi teknik lingkungan sangat strategis untuk ikut mengatasi persoalan global tentang kerusakan lingkungan,” kata Rektor UKS Mardanung, Selasa (19/5/2015).

Menurut Dekan Fakultas Teknik Retno Palupi, banyak hal yang diajarkan di program studi lingkungan, baik praktik maupun teori. Mulai dari penyusunan Amdal, pengertian, pengolahan limbah, perencanaan bagunan air, hingga sampai sistem distribusi air minum.

“Selain bisa sebagai bekal bagi yang ingin konsen di NGO lingkungan, peluang kerja bagi lulusan teknik lingkungan sangat luas. Mulai dari industrin hingga BUMN yang tidak jauh dari lingkungan,” kata Retno.

Di samping teknik lingkungan dan teknik informatika, lanjut Retno, UKS yang berada di Jalan Monginsidi No 36 itu juga membuka program studi ekonomi manajemen dan fakultas teologi untuk program studi pendidikan agama kristen dan pastoral konseling.

“Bagi pendaftar gelombang pertama untuk semua program studi akan mendapatkan beasiswa 50 persen biaya pendidikan selama 8 semester,” kata Mardanung. – wid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *