PDIP Siapkan Strategi Khusus

Ario Bimo – Hadapi Pilkada Serentak

JO, Sukoharjo – Sebagai partai pemenang pemilu Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) tak ingin kalah dalam perebutan kursi bupati dan wali kota, seperti dikemukakan politisi PDI Perjuangan, Aria Bima. Ia mengaku partainya telah mempunyai strategi khusus untuk memenangkan ajang pesta politik lima tahunan itu.

“Jelas PDIP menyiapkan strategi pemenangan Pilkada. Di masa reses ini seluruh anggota DPRRI turun menjajaki kesiapan DPC dalam menghadapi pilkada serentak. Kami juga sudah mempelajari situasi dan menyiapkan strategi-strategi khusus untuk menghadapi Pilkada serentak tahun ini,” ujar anggota Komisi VI DPR RI saat berkunjung ke DPC PDIP Sukoharjo.

Arya Bima mengakui Pilkada serentak kali ini akan lebih berat dibanding pilkada sebelumnya. Karena antar daerah tidak bisa saling membantu. Masing-masing punya pekerjaan sendiri.

Salah satu strategi yang disiapkan PDIP, lanjut dia, adalah dengan memberi kesempatan kepada incumbent untuk kembali mencalonkan diri dalam pilkada. Namun partai memberi syarat kinerja incumbent tersebut baik selama 5 tahun memimpin.

Sedangkan untuk daerah yang kepala daerahnya yang sudah tidak bisa maju kembali, seperti di Klaten dan lainnya, partai akan mencarikan kader terbaik. Perhatian khusus bagi daerah? yang calonnya merupakan calon baru diberikan, karena dimungkinkan masih ada faksi-faksi ekses dari proses penjaringan dan penyaringan yang membutuhkan waktu untuk menjadi mesin yang solid sebagai tim pemenangan partai.

Bima menjelaskan, di Jawa Tengah nantinya ada 21 kabupaten dan kota yang ikut Pilkada serentak. Dari partainya ada peserta yang. Merupakan calon incumbent, namun beberapa calon lainnya merupakan pendatang baru. Selain memaksimalkan kekuatan kader dan struktural partai, pihaknya juga memaksimalkan kemampuan dan popularitas calon. Mereka boleh melakukan komunikasi dengan jejaring di luar partai untuk memaksimalkan dukungan. Sementara itu proses penjaringan tetap melalui jalur struktural. – jia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *